PERAN EMPATHY LEADERSHIP DALAM MENGATASI BEBAN KERJA DAN KONFLIK KERJA

  • Teguh Pramono
  • Olivia Fachrunnisa
Keywords: Beban kerja, Konflik, Empathy leadership, Kualitas kerja

Abstract

Pihak-pihak yang terkait dalam jasa konstruksi baik pemilik, konsultan, kontraktor maupun instansi pemerintah dan swasta di tuntut untuk bekerja secara baik dan profesional serta mereka dituntut untuk dapat meningkatkan kualitas kerjanya. Banyak faktor-faktor yang berhubungan dengan pemimpin terhadap keberhasilan proyek seperti halnya empathy leadership yang berhubungan positif dengan kualitas kerja. Usaha lain untuk meningkatkan kualitas kerja karyawan diantaranya adalah dengan memperhatikan adanya konflik dan beban kerja. Konflik dan beban kerja yang dikelola dengan baik akan menjadikan karyawan berkembang dengan baik dan meningkatkan kualitas kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran empathy leadership dalam mengatasi beban kerja dan konflik kerja terhadap kualitas kerja. Metode penelitian ini adalah penelitian survei dan analitik  yang dilakukan pada 157 responden dan dilakukan uji pengaruh dengan menggunakan software Amos 21. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh beban kerja terhadap kualitas kerja secara signifikan, terdapat pengaruh konflik kerja terhadap kualitas kerja secara signifikan. Ada pengaruh empathy leadership sebagai moderasibeban kerja dan konflik kerja terhadap kualitas kerja secara signifikan.

Published
2019-12-31
Section
Articles