PERAN SKILL SUMBER DAYA MANUSIA, ORIENTASI BELAJAR DAN KNOWLEDGE OF JOB DESCRIPTION TERHADAP KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA

  • Aji Tri Bramasto
  • Heru Sulistyo
Keywords: Skill, Orientasi Belajar, Knowledge of Job Description, Kinerja Sumber Daya Manusia, Perangkat Desa

Abstract

Landasan sukses keunggulan bersaing bagi organisasi adalah bagaimana organisasi tersebut mengelola faktor manusia (sumber daya manusia) yang dimilikinya.Menurut Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Pemerintah Desa adalah Kepala Desa atau yang disebut dengan nama lain dibantu Perangkat Desa sebagai unsur penyelenggara Pemerintahan Desa. Perangkat Desa merupakan elemen penting dalam pembangunan pedesaan. Sehingga dalam hal ini dibutuhkan Perangkat Desa yang mempunyai peningkatan kinerja Sumber Daya Manusia. Kemampuan yang dimiliki oleh Perangkat Desa didapatkan bisa melalui pelatihan maupun workshop selain itu juga kemauan dalam dirinya. Perangkat Desa yang mempunyai jiwa untuk belajar dan mampu menerima hal-hal baru akan mendorongnya untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki.  Peran skill, orientasi belajar dan juga knowledge of job description yang dimiliki oleh sumber daya manusia dapat mempengaruhi kinerja sumber daya manusia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh skill, orientasi belajar dan knowledge of  job description terhadap kinerja sumber daya manusia. Berdasarkan kajian pustaka menghasilkan bahwa skill, orientasi belajar dan juga knowledge of job description berpengaruh terhadap kinerja sumber daya manusia yang melahirkan indikator-indikan disajikan dalam bentuk hipotesis. Selanjutnya, model yang dihasilkan diaplikasikan pada responden perangkat desa yaitu sekretaris desa se-Kabupaten Semarang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan teknik pengukuran menggunakan skala likert. Penyebaran kuesioner secara langsung maupun dengan melalui social media. Kemudian, uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA).

 

Published
2019-12-31
Section
Articles