PENGARUH NILAI HEDONIK DAN NILAI UTILITARIAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Pada Pengguna Telepon Genggam Merek Samsung Di Kota Salatiga)

  • Reza Widanti
  • R.A. Marlien
  • Kasmari Kasmari
Keywords: Nilai Hedonik, Nilai Utilitarian dan Loyalitas Pelanggan

Abstract

Berbelanja telepon genggam saat ini bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan sesuai dengan manfaatnya tetapi juga untuk kesenangan dan kepuasan terhadap konsumen itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh nilai hedonik dan nilai utilitarian terhadap loyalitas pelanggan telepon genggam merek Samsung di Kota Salatiga. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang menggunakan telepon genggam merek Samsung di Kota Salatiga, karena populasi jumlahnya sangat banyak maka penelitian ini mengambil sampel dengan jumlah 120 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian iniĀ  menggunakan purposive sampling dengan kriteria tertentu, yaitu orang dewasa yang berusia 17 tahun - > 30 tahun dan orang yang membedi/menggunakan telepon genggam merek Samsung di Kota Salatiga lebih dari 1 kali. Analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Temuannya menunjukkan bahwa nilai hedonik berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dan nilai utilitarian berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

Published
2019-11-13