EFEKTIVITAS PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL PADA UMKM DI KABUPATEN KEBUMEN
Abstract
UMKM merupakan sektor yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan perekonomian Indonesia. Adanya perkembangan teknologi informasi memudahkan UMKM dalam memasarkan produk, salah satunya melalui media sosial. Efektivitas promosi diukur dengan konsep AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui efektivitas promosi dengan menggunakan metode AIDA terhadap minat beli konsumen. 2) mengetahui variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap peningkatan minat beli konsumen. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang pemilik akun yang aktif dan memfollow minimal 1 akun UMKM di Kabupaten Kebumen. Metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa efektivitas promosi melalui media sosial pada UMKM di Kabupatern termasuk pada kategori baik. Hal ini dibuktikan dari variabel interest, desire, action berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan faktor attention tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Interest menjadi faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi promosi melalui media sosial