ANALISIS KEUNGGULAN BERSAING PADA UMKM KREATIF DI KABUPATEN BANTUL D.I.YOGYAKARTA
Abstract
UMKM pada era globalisasi masih memegang peranan penting khususnya dalam ketahanan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat. Kata kuncinya adalah memperkuat perekonomian lokal dengan tetap menghasilkan produk berkualitas dan berdaya saing internasional. Oleh karena itu, diperlukan upaya-upaya strategis guna meningkatkan keunggulan bersaing UMKM. Salah satu carayang dapat dilakukan adalah dengan memperkaya pengetahuan pelaku UMKM terhadap pengetahuan keuangan sehingga pengelolaan dan akuntabilitasnya dapat dipertanggungjawabkan dengan lebih baik sebagaimana layaknya perusahaan besar. Pemerintah pusat dan daerah memegang peran penting dalam memberikan dukungan, komitmen, dan pendampingan agar UMKM dapat unggul dan memiliki daya saing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi mengenai upaya optimalisasi keunggulan bersaing pada UMKM kreatif di Kabupaten Bantul D.I.Yogyakarta melalui penguatan literasi keuangan. Ekonomi di Indonesia tumbuh pesat melalui sektor UMKM. Peran UMKM terhadap perekonomian dan penyerapan tenaga kerja memang tidak lagi diragukan. Namun, dalam kenyataan, UMKM masih memiliki kendala diantaranya bidang keuangan.UMKM Kreatif diprediksikan akan tumbuh dan berkembang apabila mampu mengelola keuangan secara efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tantangan besar bagi pelaku UMKM kreatif untuk memiliki pengetahuan lebih mengenai literasi keuangan. Dengan meningkatnya literasi keuangan, pemilik dan atau pengelola UMKM Kreatif di Kabupaten Bantul diharapkan mampu membuat keputusan manajemen dan keuangan yang tepat untuk mencapai keberhasilan keunggulan bersaing yang berkelanjutan Kata