UPAYA PENINGKATAN KOMITMEN ORGANISASIONAL GENERASI Z MELALUI PSYCHOLOGICAL CAPITAL DAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (Studi Kasus Pada Karyawan Generasi Z Di Kota Salatiga)

  • Bertha Kusuma Wardani
  • Rina Sari Qurniawati
  • Yanuar Surya Putra
Keywords: Psychological Capital, OCB, Komitmen Organisasi.

Abstract

Generasi paling muda yang baru memasuki angkatan kerja adalah generasi Z. Generasi Z adalah generasi digital murni, sejak kecil generasi ini sudah mengenal teknologi dan akrab dengan piranti digital yang sangat mempengaruhi kepribadian mereka, dan perbedaan karakteristik antar generasi tersebut dapat terbawa dalam lingkungan pekerjaan.Penelitian terdahulu lebih banyak membandingkan antara generasi X dan generasi Y dalam organisasi.Sementara fenomena yang ada mulai masuknya generasi Z kedalam dunia kerja belum mendapat perhatian yang besar dan generasi Z dianggap sebagai generasi yang tidak memiliki komitmen organisai yang kuat. Hal tersebutlah yang menjadi alas an pemilihan topik ini, sehingga dapat diketahui bagaimana cara meningkatkan komitmen organisasi karyawan dari generasi Z melalui variabel psychological capital dari segi individu dan Organizational Citizenship Behaviour dari segi organisasi. Penelitian ini dilakukan dikota Salatiga dengan metode survey pada sampel sebanyak 310 karyawan yang masuk kelompok generasi Z, dan analisis data dilakukan dengan SEM – PLS menggunakan WarpPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan Organizational Citizenship Behaviour (OCB) adalah variabel mediasi penuh dari hubungan antara psychological capital terhadap komitmen organisasional dari karyawan Z dikota Salatiga, sehingga bagi pihak perusahaan mengelola OCB didalam perusahaan akan menjadi salah satu cara yang baik untuk meningkatkan komitmen karyawan khususnya karyawan generasi Z

Published
2019-11-13