PELATIHAN DAN PEMANFAATAN FITUR GOOGLE BUSINESS UNTUK PROMOSI LOKASI USAHA DAN MENAIKAN TARGET PEMASARAN PRODUK UMKM WARGA DESA DANGDANG, KEC. CISAUK KAB. TANGERANG

  • Thoyyibah Thoyyibah Universitas Pamulang
  • Wasis Haryono
  • Tomi Hardi

Abstract

Sudah selayaknya kehadiran perguruan tinggi agar dapat benar benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat baik yang dekat maupun yang jauh. Tujuan umum dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pengetahuan, sosialisasi dan juga pelatihan terkait. Sosialisasi dan pelatihan bagaimana cara memanfaatkan, menggunakan dan membuat google Business pada warga pengrajin dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan edukasi dengan memberikan pemahaman yang cukup mengenai penggunaan google business secara baik dan menarik sehingga memaksimalkan dampak positif google business terutama dalam hal promosi lokasi usaha dan juga pemasaran produk pada masyarakat yang lebih luas, sehingga tercipta masyarakat cerdas, produktif, aktif, kreatif serta inovatif. Penggunaan dan pemanfaatan google business dapat sangat menguntungkan bagi kita semua, terutama para pelaku usaha jika digunakan dengan baik. Dapat menjadi sarana informasi dan komunikasi produk yang dibuat, kemudian membranding produk tersebut dengan sangat inovatif untuk menarik minat para pembeli. Setelah branding berjalan dan banyak ulasan positif dari warga pengguna google business lainnya, maka tidak menutup kemungkinan platform google business yang digunakan akan dijadikan sebgai tempat / toko online dalam memasarkan produk dan hasil akhirnya dan meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan masyarakat pengguna. Sasaran program pengabdian masyarakat yang akan dituju adalah ibu-ibu warga Desa Dadang, Kecamatan Cisauk, Kota Tangerang, Banten sebagai pengrajin produk tusuk sate. Pelatihan dan Pemanfaatan Fitur Google Business untuk Promosi Lokasi Usaha dan Menaikan Target Pemasaran Produk UMKM Warga sebagai tempat mengenalkan dan memasarkan produk yang dibuat warga pada khalayak ramai pengguna media sosial dimanapun berada, kegiatan ini akan diikuti oleh 22 Orang peserta yaitu ketua Rukun Tetangga dan juga masyarakat sekitar yang menjadi pengrajin tusuk sate, dengan tujuan bisa menyebarkan kebaikan kepada warga di Rukun Tetangga lainnya kelak. Kegiatan akan dilaksanakan dalam bentuk Pelatihan dan Simulasi yang langsung akan disampaikan oleh Tim dosen Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dan Mahasiswa

Published
2022-08-08
How to Cite
Thoyyibah, T., Haryono, W., & Hardi, T. (2022). PELATIHAN DAN PEMANFAATAN FITUR GOOGLE BUSINESS UNTUK PROMOSI LOKASI USAHA DAN MENAIKAN TARGET PEMASARAN PRODUK UMKM WARGA DESA DANGDANG, KEC. CISAUK KAB. TANGERANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Intimas (Jurnal INTIMAS): Inovasi Teknologi Informasi Dan Komputer Untuk Masyarakat, 2(2), 38-45. https://doi.org/10.35315/intimas.v2i2.8985
Section
Articles