PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENGGUNAAN APLIKASI SEKOLAH ONLINE

Pada Warga Kelurahan Kembangarum Semarang Barat

  • Heribertus Yulianton
  • Eko Nur Wahyudi
  • Kristophorus Hadiono
  • Dwi Budi Santoso
Keywords: online, sekolah online, pendampingan, pelatihan, smartphone android

Abstract

Karena masa pandemi covid 19, menyebabkan siswa dan guru tidak bisa melakukan pembelajaran tatap muka seperti biasanya. Sehingga proses pembelajaran harus dijalankan melalui online/daring. Pembelajaran dapat dikatakan berhasil apabila siswa dapat memanfaatkan perangkat lunak yang disepakati dalam menjalankan tatap muka online. Banyak cara yang dapat digunakan untuk melakukan kegiatan online. Salah satu bentuknya adalah menggunakan smartphone yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk mengakses internet.

Tidak semua orang dapat dengan mudah memanfaatkan pertemuan secara online. Banyak orang tua siswa, terutama ibu-ibu, mengalami kesusahan saat mendampingi anak-anak mereka dalam pembelajaran online. Hal ini menjadi masalah di lingkungan Kelurahan Kembangarum Semarang Barat, sehingga diperlukan bantuan bagi mereka dalam mengatasi situasi dan hambatan yang asing untuk mereka. Bentuk bantuan yang dapat diberikan adalah pendampingan dan pelatihan dalam memanfaatkan smartphone android untuk melakukan pembelajaran online.

Hasil yang diperoleh dari program pendampingan dan pelatihan yang diadakan membuat masyarakat Kelurahan Kembangarum Semarang Barat dapat memanfaatkan dengan baik dan bijak aplikasi yang dibutuhkan oleh anak-anak mereka. Kegiatan pelatihan dan pendampingan dalam memanfaatkan aplikasi untuk sekolah online memberikan tambahan keterampilan dan wawasan bagi warga Kelurahan Kembangarum yang awalnya mengalami kesusahan.

Published
2021-08-10
How to Cite
Yulianton, H., Wahyudi, E., Hadiono, K., & Santoso, D. (2021). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENGGUNAAN APLIKASI SEKOLAH ONLINE. Jurnal Pengabdian Masyarakat Intimas (Jurnal INTIMAS): Inovasi Teknologi Informasi Dan Komputer Untuk Masyarakat, 1(1), 24-30. https://doi.org/10.35315/intimas.v1i1.8518
Section
Articles