Pelatihan Menggunakan Media Fanpage Facebook Untuk UMKM Mitra BPR Jateng

  • Fatkhul Amin
  • Setyawan Wibisono
  • Mardi Siswo Utomo
  • Jeffri Alfa Razaq
Keywords: fanpage, facebook, marketing mix, blog, internet

Abstract

Penggunaan teknologi informasi (internet) dimasa sekarang sudah bukan merupakan hal yang asing. Internet sudah menjadi kebutuhan, apalagi bila dikaitkan dengan kegiatan bisnis. Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan unit bisnis yang harus mengikuti perkembangan internet. Media pemasaran mulai memanfaatkan internet karena berbagai macam faktor, dikenal sebagai marketing online atau internet marketing. Saat berpindah ke dalam dunia online, konsep marketing mix (4P) mengalami perubahan dan para pelaku UMKM harus beradaptasi dalam memanfaatkan internet. Konsep dan bentuk pemasaran yang dahulu sudah mereka kenal, pelajari, dan terapkan sebenarnya masih dapat dimanfaatkan tetapi harus diubah bentuknya agar cocok di dalam dunia online. Perubahan bentuk ini perlu pendampingan agar para pelaku UMKM dapat mengetahui, memahami dan mampu menerapkan fanpage facebook dalam usaha online mereka. Pendampingan diterapkan dalam bentuk pelatihan dengan materi facebook sebagai layanan mem-viral-kan produk, membuat fanpage facebook, dan integrasi fanpage facebook ke dalam situs usaha / blog yang dimiliki oleh UMKM. Hasil dari pelatihan ini, para pelaku usaha UMKM mampu memahami, memanfaatkan, dan mengintegrasikan fanpage facebook ke situs usaha / blog yang dimiliki oleh mereka.

Published
2021-08-10
How to Cite
Amin, F., Wibisono, S., Utomo, M., & Razaq, J. (2021). Pelatihan Menggunakan Media Fanpage Facebook Untuk UMKM Mitra BPR Jateng. Jurnal Pengabdian Masyarakat Intimas (Jurnal INTIMAS): Inovasi Teknologi Informasi Dan Komputer Untuk Masyarakat, 1(1), 1-6. https://doi.org/10.35315/intimas.v1i1.8513
Section
Articles