IMPLEMENTASI METODE HYBRID AHP DAN TOPSIS PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PEMILIHAN KARYAWAN TERBAIK IMPLEMENTATION OF HYBRID AHP AND TOPSIS METHODS IN DECISION SUPPORT SYSTEMS FOR SELECTION OF THE BEST EMPLOYEES

  • Wiwien Hadikurniawati
  • Egga Brian Datuesa
Keywords: Kata Kunci: sistem pendukung keputusan, karyawan terbaik, AHP, TOPSIS

Abstract

ABSTRAK

CV Anugrah RizaldiĀ  adalah suatu perusahaan yang bergerak dibidang kebersihan lingkungan yang bertugas untuk membersihkan lingkungan kota semarang. CV Anugrah Rizaldi mengalami beberapa permasalahan seperti mengelola data karyawan serta menentukan siapa yang menjadi karyawan terbaik. Permasalahan inilah yang melatar belakangi perancangan dan implementasi sistem pendukung keputusan untuk pemilihan karyawan terbaik berbasis web, dengan tujuan untuk memudahkan petugas dalam mengelola data karyawan serta dapat menentukan siapa yang akan menjadi karyawan terbaik. Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan (SPK) ini merupakan aplikasi berbasis web yang dibuat menggunaka metode AHP dan TOPSIS. Perancangan yang digunakan adalah Data Flow Diagram (DFD). Untuk implementasi penulisan menggunakan PHP dan MySQL. Tujuan dari pembuatan aplikasi SPK ini adalah untuk memudahkan petugas dalam mengelola serta menentukan karyawan terbaik, agar para karyawan dapat berlomba lomba untuk menjadi yang terbaik.

References

DAFTAR PUSTAKA
Chamid, A.A. & Murti, A.C. (2017). Kombinasi Metode Ahp dan Topsis pada Sistem Pendukung Keputusan, Strategi Pengembangan Perekonomian Masyarakat Melalui Gerakan Startup Digital, Universitas Muria Kudus, Kudus, 115-119.
Kazibudzki & Tadeusz P. (2013) On Some Discoveries in the Field of Scientific Methodes for Management within the Concept of Analytic Hierarchy Process, International Journal of Business and Management, Vol. 8, No. 8 2013 ISSN 1883-35=850 E-ISSN 1833-8119.
Muhardono, A. & Isnanto, R.R (2014) Penerapan Metode AHP dan Fuzzy Topsis Untuk Sistem Pendukung Keputusan Promosi Jabatan. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 2, pp, 108-115.
Saefudin & Wahyuningsih, S. (2014) Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penilaian Kinerja Pegawai Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) Pada RSUD Serang, Jurnal Sistem Informasi, Vol 1 No. 1.
Published
2019-08-12
How to Cite
Hadikurniawati, W., & Brian Datuesa, E. (2019). IMPLEMENTASI METODE HYBRID AHP DAN TOPSIS PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PEMILIHAN KARYAWAN TERBAIK IMPLEMENTATION OF HYBRID AHP AND TOPSIS METHODS IN DECISION SUPPORT SYSTEMS FOR SELECTION OF THE BEST EMPLOYEES. Information Technology and Telematics, 9(1). Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/6778
Section
Articles