QUEUE SYSTEM PENGADUAN PELANGGAN INTERNET SERVICE PROVIDER (ISP) MENGGUNAKAN METODE FIRST IN FIRST OUT (FIFO

  • Imam Husni Al Amin
  • Fajriansyah Noor Hidayat
Keywords: Pengaduan, Sistem Antrian, Metode First in First Out, FIFO, First In First Out

Abstract

Abstrak

Pengaduan sering menjadi salah satu permasalahan di perusahaan yang sangat berpengaruh terhadap kinerja karyawan dan perusahaan. Kurangya perhatian terhadap masalah yang terjadi diperusahaan, baik itu masalah kecil atau besar sangat memprihatinkan. Pada masa sekarang dengan semakin canggihnya teknologi permasalahan seperti pengaduan keluhan dapat diselesaikan dan diproses secara cepat. Untuk membantu konsumen yang mengalami masalah dan mengutarakan keluhannya melalui pengaduan. Maka dari itu dibuatlah Queue System Pengaduan Pelanggan Internet Service Provider (ISP) Menggunakan Metode First In First Out (FIFO) yang bertujuan untuk memudahkan pelanggan untuk melakukan pengaduan dan menyampaikannya kepada perusahaan. Sistem ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Hasil dari penelitian ini adalah Sistem antrian pengaduan (Queue System) yang dapat memproses pengaduan pelanggan.

References

DAFTAR PUSTAKA
[1] A.Taha, Hamdy. 2007, Operation Research : An Introduction, Edisi ke-8, Prentice Hall
[2] Aji, Dwi N, I. H. Al Amin. (2018) Aplikasi CRM Pada Anto Stationery Dengan Metode First In First Out Berbasis Web Mobile, Semarang.
[3] Arief M Rudianto. 2011. Pemrograman Web Dinamis menggunakan PHP dan MySQL. C.V ANDI OFFSET. Yogyakarta.
[4] Arman Hakim Nasution. 2006. Manajemen Industri. Yogyakarta: Andi Offset.
[5] Booch, G. James, R. Ivar, J, 2005. The Unified Modeling Language User Guide Second Edition. United State: Addison Wesley Professional
[6] Bell, S., & Luddington ,J. (2006) Coping With Customer Complaints. Journal Of Service Research.
[7] Davis, G.B. 1991. Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen Bagian 1. Jakarta: PT Pustaka Binamas Pressindo
[8] Efendi, Januar P, Lili A.Yuliati. (2016) Pengaruh Kualitas Terhadap Pelayanan Pada JNE Cabang Bandung, Bandung, September.
[9] Firmansyah, Cahya, Tohir, Cucu.S. (2018) Sistem Layanan Pengaduan Masyarakat Lingkup Desa Gunung Tanjung Berbasis Web Dan SMS Gateway Dengan Metode Antrian FIFO, Tasikmalaya, PISSN: 2613-9138 – EISSN : 2613-9146.
[10] Greenberg, P. 2010. Customer Relationship Management as the Speed of Light: Fourth Edition McGraw-Hill.
[11] Hasan, Irmayanti. (2011) Model Optimasi Pelayanan Nasabah Berdasarkan Metode Antrian (Queuing System), Malang, Januari.
[12] Heizer, Jay dan Rander, Barry. 2006. Manajemen Operasi (Edisi Ketujuh). Salemba Empat, Jakarta.
[13] Hendrik, I.D.W. (2017) Sistem Informasi Pembayaran SPP pada SMK Pawyatan Daha 3 Kediri, Kediri, 14 Agustus 2017.
[14] Indrajani. 2011. Perancangan Basisdata dalam All in 1, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
[15] Indrajit, 2001, Analisis dan Perancangan Sistem Berorientasi Object. Bandung,
Informatika
[16] Jogiyanto, H.M., 2005, Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis, ANDI, Yogyakarta
[17] Kristanto, Andri. 2008. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Yogyakarta: Gava Media.
[18] Lani Sidharta, Pengantar Sistem Informasi Bisnis, P.T. ELEX Media Komputindo, Jakarta: 1995
[19] Murdick, R.G (1991). Sistem Informasi Untuk Manajemen Modern. Jakarta: Erlangga
[20] McLeod, Jr., Raymond; Schell, George P. 2011. Sistem Informasi Managemen (Terjemahan). Jakarta: Salemba Empat
[21] Nasir, Kemal,. Pribadi, Renggo. (2007) Pengantar Sistem Operasi Komputer.2007.
[22] Nasution. 2001. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management), Anggota IKPI, Ghalia Indonesia: Jakarta.
[23] Novianto, Yudi. (2015) Model Sistem Antrian FIFO (FIRST-IN FIRST-OUT) Pada Pelayanan Front Office Kepada Mahasiswa (Studi Kasus : STIKOM Dinamika Bangsa), Jambi, 1 April 2015 ISSN 1907-6738.
[24] Nugroho.Adi. 2009. Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML & Java. Yogyakarta: Andi Offset.
[25] Nugroho, Bunafit. 2004. PHP & MySQL dengan Editor Dreamweaver MX. Yogyakarta: Andi.
[26] Philip, Kotler. 2005, Manajemen Pemasaran Jilid I dan II, PT.Indeks, Jakarta.
[27] Prihati, Yani. (2012) Simulasi Dan Permodelan Sistem Antrian Pelanggan di Loket Pembayaran Rekening XYZ Semarang.
[28] Rizky, Imelda, P.,Adi ,I Ketut, P., Made, I Gusti ,A.S. (2016) Sistem Antrean Pelayanan Medis Praktik Dokter Bersama Berbasis Web, Bali, 3 Desember 2016 ISSN: 2252-3006
[29] Sukamto, R. A., dan Shalahudin, M. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung
[30] Sutabri, Tata. 2012. Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi.
[31] Sutanta, Edhy. 2011. Basis Data dalam Tinjauan Konseptual. Yogyakarta: Andi.
[32] Walker, M., Takayama, L. and Landay, J.A., 2002, September. High-fidelity or low-fidelity, paper or computer? Choosing attributes when testing web prototypes. In Proceedings of the human factors and ergonomics society annual meeting (Vol. 46, No. 5, pp. 661-665). SAGE Publications.
[33] Yuniardy, Tidy S., I. H. Al Amin. (2018) Rancang Bangun CRM (Customer Relationship Management) Pada Optik Yunus Menggunakan Metode FCFS Berbasis Web Mobile, ISBN: 978-602-8557-20-7
Published
2019-08-12
How to Cite
Al Amin, I., & Hidayat, F. (2019). QUEUE SYSTEM PENGADUAN PELANGGAN INTERNET SERVICE PROVIDER (ISP) MENGGUNAKAN METODE FIRST IN FIRST OUT (FIFO. Information Technology and Telematics, 9(1). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/6766
Section
Articles