SISTEM PAKAR RESEP MINUMAN TRADISIONAL MENGGUNAKAN METODE CASE-BASED REASONING

  • Setyawan Wibisono,S.Kom, M.Cs
  • Rico Darmawan
Keywords: Resep Minuman Tradisional Jawa, Case Based Reasoning, Algoritma Similaritas Dice.

Abstract

Dengan bermacam-macam minuman tradisional Jawa, orang yang ingin membuat minuman akan kebingungan untuk menentukan menu minuman tradisional Jawa. Banyak orang yang belum mengerti dengan resep tradisional Jawa dan cara membuatnya, apalagi jika orang tersebut hanya memiliki beberapa bahan yang dia punya. 
Penelitian ini merupakan implementasi dari Case Based Reasoning (CBR) berbasis web, dengan tujuan mempermudah pengguna dalam menentukan resep minuman tradisional jawa dan tidak perlu bertanya langsung pada pakar.

Dalam penelitian ini proses pencarian resep minuman tradisional jawa dengan menggunakan metode case based reasoning yang menerapkan 4 tahapan proses, yaitu retrieve, reuse, revise, retain. Pada proses retrieve sistem mencari kemiripan antara bahan inputan dengan bahan resep minuman. Untuk proses retrieve ini akan dilakukan penjumlahan kemiripan bahan inputan. Pada proses reuse  hasil penjumlahan yang paling tinggi tingkat kemiripannya yang akan digunakan sebagai solusi. Pada proses revise hasil persentase yang kurang dari 50 persen sistem akan tetap memberikan saran, namun nilai kemiripannya relatif sangat rendah. Proses retain digunakan saat solusi sudah ditemukan oleh pakar dan menyimpannya kembali pada database untuk digunakan pencarian pada kasus baru. Untuk memudahkan mengolah data menu resep minuman diberikan sisi admin, dan melihat data resep minuman pada sisi pengguna. Data tersebut ditampilkan dalam bentuk tabel.

References

DAFTAR PUSTAKA

[1] Rich, E. & Knight, K. (1991) Artificial Intelligence, Mc Graw-Hill, New-York.
[2] Thamrin, H., & Sabardila, A. (2014) Efek Penggunaan Keterkaitan Kata pada Algoritma Similaritas Semantik Terhadap Kinerja Proses Klasifikasi Teks. Komunitas Telematika, 6(2), pp.104–110.
[3] Brady,M. & Loonam,J. (2010) Exploring the use of entity-relationship diagramming as a technique to support grounded theory inquiry,Bradford:Emerald Group Publishing.
[4] Kusuma, Y.M. (2014) Project PHP dan MySQL,Jasakom,Yogyakarta.
Published
2019-08-12
How to Cite
Wibisono,S.Kom, M.Cs, S., & Darmawan, R. (2019). SISTEM PAKAR RESEP MINUMAN TRADISIONAL MENGGUNAKAN METODE CASE-BASED REASONING. Information Technology and Telematics, 9(1). Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/6765
Section
Articles