SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN DISTRIBUTORDENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) BERBASISWEB MOBILE

  • Sariyun Naja Anwar
  • Rr Binar Novicha Prameswari
Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, AHP, Distributor

Abstract

ABSTRAK

Dalam industri manufaktur hubungan antara produsen dan konsumen tidak bisa dipisahkan dengan proses distribusi yang memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari dalam masyarakat. Distribusi adalah salah satu aspek dari pemasaran yang merupakan proses penyaluran barang dari produsen hingga ke tangan masyarakat / konsumen. Jika peran distributor kurang optimal maka proses pendistribusian barang kepada konsumen juga kurang maksimal. Dalam penelitian ini produsen ingin melakukan perbandingan antar distributor sehingga dapat diketahui distributor mana yang lebih konsisten dalam pemasaran produknya. Dalam penelitian ini, penulis membuat sistem pendukung keputusan pemilihan distributor yang dibuat dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) yang diharapkan dapat mempermudah produsen menghadapi permasalahan kompleks tersebut.

Metode AHP merupakan penyusunan permasalahan ke dalam suatu struktur hirarki sehingga pengambilan keputusan semaksimal mungkin dapat melibatkan semua faktor yang perlu dipertimbangkan dan akan terlihat jelas kaitan antara faktor yang satu dengan yang lain, serta memberikan nilai perbandingan setiap kriteria untuk menetapkan nilai kriteria yang menjadi bahan pertimbangan dalam penentuan keputusan. Sistem pendukung keputusan pemilihan sepatu yang dirancang dengan metode AHP mampu digunakan untuk semua proses pemilihan sedangkan penentuan kriteria bisa dirubah sesuai dengan kepentingan pengguna. Sehingga pengguna mendapatkan hasil prioritas atau nilai terbesar dari sebuah alternatif berdasarkan perhitungan AHP.

References

DAFTAR PUSTAKA
[1] Kusrini. (2007). KonsepdanAplikasiSistemPendukungKeputusan. Yogyakarta: Andi.
[2] Manurung, P. (2010). SistemPendukungKeputusandenganMetode AHP dan TOPSIS di FMIPA USU, Skripsi, FakultasTeknik, USU, Sumatera Barat.
[3] Saaty, Thomas L. (2004). Decision Making The Analytic and Network Process (AHP/ANP). Journal of Systems Science.
[4] Suryadi, K., Ramdhani, A. (2000).Sistem Pendukung Keputusan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Published
2019-08-12
How to Cite
Anwar, S., & Prameswari, R. B. (2019). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN DISTRIBUTORDENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) BERBASISWEB MOBILE. Information Technology and Telematics, 9(1). Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/6753
Section
Articles