SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN TEMPAT LOKASI USAHA PENDIRIAN TOKO KOMPUTER DENGAN METODE AHP

  • Dwi Agus Diartono
  • Imam Syafii
Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, AHP, PHP, MySQL

Abstract

Abstrak

 

Sistem pendukung keputusan untuk menentukan lokasi pendirian usaha perlu dibuat karena pelaku usaha memerlukan alat bantu untuk mengatasi masalah-masalah yang mereka hadapi. Masalah tersebut adalah tidak adanya alat bantu dalam menentukan lokasi yang tepat untuk pendirian usaha dalam hal ini untuk mendirikan usaha toko komputer, karena penentuan lokasi toko komputer yang selama ini dilakukan hanya dengan cara konvensional atau kira-kira saja tanpa adanya suatu metode dan penghitungan matematis yangpasti dan belum terkomputerisasi.

Sehingga pengusaha merasa kesulitan dalam menentukan lokasi yang tepat untuk pendirian toko komputer. Selain itu, toko komputer yang menjamur dimana-mana sering tidak memperhatikan strategisnya lokasi yang ditempati, sehingga berpengaruh pada perkembangan toko komputer itu sendiri. Sistem dimaksud bernama sistem pendukung keputusan penentuan lokasi pendirian toko komputer dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lokasi Usaha Toko Komputer dengan Metode Analytical hierarchy Process berbasis web ini dirancang menggunakan database MySQL dan bahasa pemrograman php. Aplikasi sistem ini memiliki dua pengguna yaitu admin sebagai administrator yang mengatur sistem secara keseluruhan.

Dalam pembuatan sistem ini, contoh kasus yang diambil adalah Toko Komputer di Rembang yaitu dalam rangka penentuan alternatif lokasi baru untuk pembangunan .Pada kasus ini, masalah yang ingin dipecahkan dan tujuan yang ingin dicapai adalah memilih alternatif lokasi baru untuk pembangunan Lokasi Toko Komputer.

References

DAFTAR PUSTAKA
[1] Dewi, K.E.M. 2008. “ Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Pada Perguruan Tinggi Negeri Dengan Metode Promethee Berbasis Web”. Surabaya : STIKOM Surabaya.
[2] Efraim Turban, Jay E Aronson 2001. “ Decision Support System” . Yogyakarta : ANDI.
[3] Hazrianto Aidil,2009. “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN LOKASI HYPERMARKET POTENSIAL MENGGUNAKAN METODE ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (STUDI KASUS : HYPERMART PEKANBARU)”.
(STUDI KASUS : HYPERMART PEKANBARU). Yogyakarta: Andi Publisher.
[4] Marsani Asfi, Ratna Purnama Sari, 2010:, “Sistem Penunjang Keputusan Seleksi Mahasiswa Berprestasi Menggunakan Metode AHP” Jurnal Informatika, vol.6, no.2, 131-144.
[5] Nasibu, Iskandar Z. 2009. “Penerapan Metode AHP dalam Sistem Pendukung Keputusan Penempatan Karyawan Menggunakan Aplikasi Expert Choice”. Jurnal Pelangi Vol. II No. 5
[6] Rais, S.M. 2016.”SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PEMILIHAN LOKASI PERUMAHAN MENGGUNAKAN AHP”.
[7] Winarni, S., Yuraida, U.”APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN LOKASI PENDIRIAN WARNET DENGAN METODE AHP”.
[8] Wikipedia. “Ensiklopedia Bebas: MySQL”. (http://wikipedia.org/wiki/mysql ,)
[9] Wikipedia “Ensiklopedia Bebas: PHP”. (http://wikipedia.org/wiki/ PHP, )
Published
2019-08-13
How to Cite
Diartono, D., & Syafii, I. (2019). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN TEMPAT LOKASI USAHA PENDIRIAN TOKO KOMPUTER DENGAN METODE AHP. Information Technology and Telematics, 9(1). Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/6747
Section
Articles