APLIKASI AUGMENTED REALITY BANGUN RUANG SISI DATAR MENGGUNAKAN METODE MARKER BASED TRACKING PADA UNITY DAN VUFORIA

  • Vera Wijayanti Pujadi
  • Eka Ardhianto
Keywords: Kata kunci - Augmented Reality, Belajar, Objek 3D, Unity 3D

Abstract

 

 

Abstrak- augmented reality, salah satu teknologi yang dapat menggabungkan benda atau objek maya ke dalam dunia nyata. Selain itu, augmented reality merupakan perkembangan teknologi yang relatif baru di bidang komputer mobile. Berkembangnya teknologi, informasi dan komputer di berbagai bidang dan salah satunya pada bidang pendidikan. Banyak siswa-siswi SMP lebih memilih belajar menggunakan smartphone dan sulit memahami ketika pelajaran dimulai. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan proses belajar dan menarik minat siswa-siswi untuk belajar bangun ruang sisi datar. Penelitian ini merancang sebuah aplikasi augmented reality bangun ruang sisi datar menggunakan metode marker based tracking pada unity dan vuforia. Perancangan aplikasi dengan pembuatan objek 3D dari software blender, beserta animasi objek 3D. Kemudian di proses ke Unity 3D dengan tambahan Vuforia SDK sebagai perancangan utama aplikasi. Proses Unity 3D selanjutnya akan di build menjadi file apk dan dipasang ke perangkat android. Dari penelitian yang telah dilakukan dan pengamatan hasil aplikasi augmented reality bangun ruang sisi datar terbukti bahwa aplikasi ini membantu proses belajar dan menarik minat belajar siswa-siswi SMP.

References

DAFTAR PUSTAKA
Afissunami, A., Saleh,A., dan Assidiqi,MH.2013. Multimarker augmented reality untuk aplikasi magic book. Surabaya: Institute Teknologi Sepuluh November Surabaya
Alfi Syahrin, Meyti Eka, Apriyani, Sandi Prasetyaningsih. 2016. Analisis dan Implementasi Metode Marker Based Tracking Pada Augmented Reality Pembelajaran Buah-Buahan. KOMPUTA
Chaerul Hamdah.2012. Aplikasi Augmented Reality dengan Metode Marker Based Tracking untuk Memvisualisasikan Gedung-Gedung Pada Kampus II Universitas Islam Negeri Alauddin Samata Gowa. Makasar: Universitas Islam Negeri Alauddin
Hanif, A. 2013. Pencarian Tempat Kos dengan Teknologi Augmented Reality Berbasis Smartphone Android. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Heinich, D. Russel, Molenda, dan E Smaldino. 2005. Instructional Technology and Media for Learning. New Jersey, Columbus, Ohio: Person Merrill Prentice Hall. Upper Saddle River.
M, Haller, M. Billinghurts, and B.H.Thomas, Emerging Technologies of Augmeneted Reality:Interface and Design (Idea Group Publishing, 2010), h. 51
Nur Jazilah. 2016. Aplikasi Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Buku Panduan Wudhu untuk Anak. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
R, Azuma. 1997. A Survey of Augmented Reality. Presence: Teleoperators and Virtual Environments
Villagomez,G. 2010. Augmented Reality. University of Kansas
Published
2018-12-11
How to Cite
Wijayanti Pujadi, V., & Ardhianto, E. (2018). APLIKASI AUGMENTED REALITY BANGUN RUANG SISI DATAR MENGGUNAKAN METODE MARKER BASED TRACKING PADA UNITY DAN VUFORIA. Information Technology and Telematics, 8(2). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/6633
Section
Articles