IMPLEMENTASI QUEUE TREE UNTUK OPTIMALISASI MANAGEMENT BANDWIDTH PADA MIKROTIK

  • Agus Mudiyanto
  • Heribertus Yulianton
Keywords: Keyword –manajemen bandwidth, mikrotik, queue tree.

Abstract

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengoptimalisasikan pengelolaan bandwidth di  PT. Trisakti Mustika Graphika menggunakan Queue tree pada mikrotik. Dengan harapan agar pembagian bandwidth dapat di atur sesuai kebutuhan pada setiap masing-masing bagian. Metodologi Penelitian ini dilakukan dengan melakukan observasi langsung (testcase/ teknis) dan melakukan observasi ke lapangan dengan bagian IT Departemen selaku pengelola jaringan PT TrisaktiMustika Graphika. Serta merancang topologi jaringan, melakukan penerapan topologi tersebut dan melakukan sejumlah pengujian topologi. Hasil penelitian adalah optimalnya pengelolaan bandwidth yang ada sehingga pembagian bandwidth dapat sesuai dengan kebutuhan setiap masing-masing bagian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan mengimplementasikan Queue Tree untuk optimalisasi management banwidth pada mikrotik, pembagian bandwidth dapat di atur sesuai dengan kebutuhan masing-masing bagian. (1)

References

DAFTAR PUSTAKA

[1] Arif Budiman (2015) Management Bandwidth Simple Queue dan Queue Tree Pada PT. Endorsindo Makmur Selaras, Jurnal Penelitian Ilmu Komputer, 3(1) November, pp.11-27.
[2]Aringga Briliant Lesmana. (2017) Analisa Management Bandwidth PadaKlinik Garuda Centra Medika, Skripsi, Teknik Komputer AMIK BSI, Jakarta.
[3] Yoga Saniya ,Wahyu Adi Priyono & Rusmi Ambarwati. (2013) Sistem Manajemen Bandwidth dengan Prioritas Alamat IP Client, Jurnal Universitas Brawijaya, 1 (2) Juli ,pp.1-6.
[4] Blues Pedia. (2017) Cara Limit Bandwidth Dengan Queue Tree Di Mikrotik, https://www. bluespedia.xyz/2017/05/queue-tree-limit-bandwidth-mikrotik.html diakses pada tanggal 10/05/2018.
Published
2019-06-25
How to Cite
Mudiyanto, A., & Yulianton, H. (2019). IMPLEMENTASI QUEUE TREE UNTUK OPTIMALISASI MANAGEMENT BANDWIDTH PADA MIKROTIK. Information Technology and Telematics, 8(2). Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/6622
Section
Articles