METODE FUZZY TAHANI PADA ASKADIN BIRDFARM UNTUK REKOMENDASI PEMBELIAN LOVEBIRD BERBASIS WEB

  • Hendri Budiarto
  • Felix Andreas Sutanto
Keywords: Kata Kunci Lovebird, Logika Fuzzy Tahani, Prototype, PHP, MySQL

Abstract

Abstract - Askadin Birdfarm bergerak di bidang penjualan burung Lovebird. Lovebird sangat banyak diminati oleh banyak orang karena warna bulu dan kicauannnya. Askadin Birdfarm sudah banyak memiliki pelanggan baik di dalam maupun diluar kota. Dalam sistem yang sedang berjalan terdapat banyak kendala antara lain sulitnya mempromosikan Lovebird Askadin Birdfarm ke banyak pelanggan, karena selama ini penawaran dan transaksi dilakukan secara manual yaitu hanya mengandalkan pembelian secara langsung yaitu pembeli datang langsung.

Metode pencarian data untuk teknik pembobotan dan pengambilan keputusan yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Logika Fuzzy Tahani, metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah prototype yang terdiri dari pengumpulan kebutuhan, membangun prototyping dengan UML, evaluasi prototyping, mengkodekan sistem dengan PHP dan MySQL, menguji sistem.

Hasil akhir dari penelitian ini adalah hasil keluaran sistem metode Fuzzy Tahani pada Askadin Birdfarm untuk rekomendasi pembelian Lovebird berbasis web menampilkan hasil rekomedasi Lovebird berdasarkan nilai firestrength > 0 dan hasilnya diurutkan dari nilai firestrength yang tertinggi sampai dengan nilai firestrength terendah.

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed