KOMPARASI JARINGAN MENGGUNAKAN CISCO DAN MIKROTIK DENGAN METODE FAILOVER LINK

  • Bagas Brawijaya
  • Heribertus Yulianton
Keywords: keyword : router

Abstract

Abstrak - Di dalam dunia yang serba cepat ini perusahaan dituntut untuk selalu memberikan yang terbaik untuk para relasi, pelanggan, nasabah, pengguna, apapun itu sebutan bagi para customer untuk itulah akses informasi antar perusahaan di cabang utama dengan cabang pembantu harus memiliki jalur informasi yang efisien, Reliable, Scalable, Availabilty Dengan tujuan seperti itu tidak mungkin sebuah perusahaan yang ingin memenuhi kebutuhan tersebut memiliki 1 ISP (Internet Service Provider) saja hal inilah yang memunculkan suatu ketakutan apabila link tersebut mati atau down tentu saja hal ini sangat mengganggu proses bisnis dari perusahaan ini. Melihat hal ini penulis menggunakan suatu metode untuk menjawab ketakutan tersebut yakni failover link dengan pemodelan 1 router dengan 3 router upstream ISP main, ISP Backup, ISP link ke satu dummy server yang digunakan sebagai tes koneksi tujuan menggunakan paket UDP dan TCP memanfaatkan FTP dan IP Telephony sebagai pengujian untuk di analisa dengan wireshark kemudian diperbandingkan secara kuantitas dari 2 router tersebut.

References

DAFTAR PUSTAKA
[1] Jafar, M. 2013. Jaringan Komputer dan Pengertiannya. Ilmukomputer.com
[2] TIPHON. (1999) Telecomunication And Internet Protocol Harmonization Over Network (TIPHON) General aspects of Quality of Service (QoS). Jurnal 1.
[3] Fadilah, Nurul Zamzani. (2012). Implementasi Load Balancing dan Failover Menggunakan Mikrotik Router OS Berdasarkan Multihomed Gateway Pada Warung Internet "DIGA". Jurusan Telekomunikasi Politeknik Telkom
[4] Wireshark. (2008) Wireshark Packet Loss, Website : https://wiki.wireshark.org/PacketLoss, diakses 23 Agustus 2018.
[5] Mikrotik. (2018) Detail Produk Router Wireless RB951Ui-2HND, Website : http://www.mikrotik.co.id/produk_lihat.php?id=371 , diakses 23 Agustus 2018.
[6] Cisco. (2018) Cisco 1800 Series Integrated Service Routers (Fixed) Hardware Installation Guide [Internet]. (USA) : Cisco. Tersedia dalam: https://www.cisco.com/c/en/us/td/docs/routers/access/1800/1801/hardware/installation/guide/hig/01_hw.html#wp1093284 [Diakses 23 Agustus 2018].
Published
2019-07-20
How to Cite
Brawijaya, B., & Yulianton, H. (2019). KOMPARASI JARINGAN MENGGUNAKAN CISCO DAN MIKROTIK DENGAN METODE FAILOVER LINK. Information Technology and Telematics, 8(2). Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/6608
Section
Articles