SISTEM PENILAIAN PERFORMANSI KARYAWAN PT.TELKOM AKSES DENGAN METODE MANAGEMENT BY OBJECTIVE (MBO) BERBASIS WEB

  • Muchammad Lutfi Agustianto
  • Dewi Handayani UN
Keywords: Keyword - Kata Kunci : Penilaian, Performansi, Management By Objective (MBO).

Abstract

Abstract -  PT. Telkom Akses menilai karyawan dari performansi harian yaitu dengan melihat jumlah order yang telah diselesaikan oleh karyawan maupun tingkat kedisiplinan pada aspek-aspek lain pada karyawan. Rekapitulasi pencapaian order secara manual untuk beberapa karyawan memang masih cukup stabil, begitupula untuk penghitungan performansi bulanannya, tetapi apabila diterapakan untuk karyawan yang banyak maupun jenis order yang berbeda-beda akan tidak optimal.Salah satu cara untuk bisa mengoptimalkan perhitungan performansi karyawan bisa menggunakan Management By Objective (MBO), dimana metode tersebut bisa menerapkan penilaian sesuai bidang masing-masing jobdesk karyawan, berdasarkan pertimbangan tersebut, penting untuk membuat sistem penilaian performansi karyawan untuk memberikan kemudahan dalam mengelola dan menentukan performansi serta penentuan jenjang karir karyawan. Sistem penilaian performansi ini akan berbasis website yang mana sistem ini akan menggunakan Hypertext Preprocessor (PHP) sebagai bahasa pemrogramannya dan database MySQL, yang mana dengan adanya sistem penilaian ini diharapkan performansi karyawan PT. Telkom Akses dapat diniai dengan mudah dan akurat.

References

Dessler, Gary, 1997, Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi ke-7, Alih bahasa, Jilid 1 & Jilid 2, Prenhallindo, Jakarta.

Drucker, Peter F, 2002. "Chapter 8:Management by Objectives and Self-Control". Martin Hinterseer,Zusammenfassung Kapitel 8.
Mulyono, Sri, “Teori Pengambilan Keputusan”,Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UniversitasIndonesia. Jakarta,1996.
PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, 2006.“Keputusan Direksi Telkom Nomor 66 tahun2006 tentang Sistem Manajemen Performansi Karyawan.”
Al-Bahra bin Ladjamudin. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi.
Yogyakarta : Graha Ilmu.
Stephen P. Robbins, 1996.Perilaku Organisasi, Konsep, Kontroversi danAplikasi. Alih Bahasa : Hadyana Pujaatmaka. Edisi Keenam. Penerbit PT.Bhuana Ilmu Populer, Jakarta.
Depdikbud, 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Akhmad S Ruky ,2010. Sistem Manajemen Kinerja. PT.Gramedia Graha Pustaka,Jakarta.
Anwar Prabu Mangkunegara, 2009. Manajemen Sumbar Darya Manusia. Bandung :PT.Remaaja Rosdakarya.
Hanggraeni, Dewi., (2012), Manajemen Sumber Daya Manusia, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2009. Pengembangan Sumber Daya Manusia.Jakarta : PT.
Rineka Cipta.
Aji Supriyanto. (2005). Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Salemba Infotek
Veithzal, Rivai. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Ashar Sunyoto Munandar (2008). Psikologi Industri dan Organisasi. Penerbit
Universitas Indonesia (UI-Press).
aktivitas harian, karena Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2009 (SNATI 2009) ISSN: 1907-5022 Yogyakarta, 20 Juni 2009 B-103
A. Suhendar, Hariman Gunadi, 2002, Visual Modeling Menggunakan
UML dan Rational Rose, Informatika Bandung.

Sholiq . 2006.Pemodelan Sistem Informasi Berorientasi Objek dengan UML.Graha Ilmu. Yogyakarta

Hamim, Tohari. 2014. Analisis Serta Perancangan Sistem Informasi Melalui Pendekatan UML. Andi Offset , Yogyakarta.
Published
2019-07-20
How to Cite
Agustianto, M., & Handayani UN, D. (2019). SISTEM PENILAIAN PERFORMANSI KARYAWAN PT.TELKOM AKSES DENGAN METODE MANAGEMENT BY OBJECTIVE (MBO) BERBASIS WEB. Information Technology and Telematics, 8(2). Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/6607
Section
Articles