APLIKASI CRM PADA TOKO ANIK SALATIGA BERBASIS WEB MOBILE

  • Imam Husni Al Amin
  • Tidar Raiz Hutama
Keywords: Sembako

Abstract

ABSTRAKToko Anik Salatiga adalah salah satu toko yang bergerak dibidang usaha penjualan sembako di Salatiga. Pada sistem yang berjalan dari awal berdirinya Toko Sembako Anik sampai sekarang terdapat banyak kendala, diantaranya sulit dalam mempromosikan produk sembako ke banyak pelanggan, karena selama ini penawaran dan transaksi masih dilakukan dengan cara manual yaitu hanya mengandalkan pembeli harus datang langsung ke toko dan melakukan pemesanan secara manual.Untuk meningkatkan hubungan Toko dengan pelanggan dalam hal transaksi penjualan.Aplikasi CRM pada Toko Anik Salatiga diharapkan dapat membantu memudahkan pelanggan dalam memesan barang dan melakukan transaksi secara online, serta meningkatkan jumlah pelanggan dan loyalitas pelanggan. Dengan berbasis web, akan mempermudah informasi, data dan layanan sampai dengan waktu yang singkat.Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya aplikasi crm pada toko Anik Salatiga dengan implementasi metode fifo untuk menentukan prioritas pengiriman barang yang sudah dipesan, dimana pelanggan yang memesan barang dan langsung menyelesaikan transaksi pembayaran yang terlebih dahulu dilayani.

References

DAFTAR PUSTAKA
Adi Nugroho. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak Berbasis Objek dengan MetodeUSDP.Andi.Yogyakarta.
Agus Saputra, 2011, Trik dan Solusi Jitu Pemrograman PHP,PT.Elex Media Komputindo, Jakarta.
AzharSusanto,2004.SistemInformasiManajemen.Bandung: Linggar Jaya.
Didik Dwi Prasetyo. 2004. Aplikasi Database Client/Server Menggunakan Delphidan MySQL. PT.Elex Media Komputindo. Jakarta.
Fowler, Martin, 2005, UML Distilled: Panduan Singkat BahasaPemodelan Objek Standar, Andi Publisher, Yogyakarta.
H.B. Sutopo (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif : Dasar teori dan Terapannya dalam penelitianSurakarta: Universitas Sebelas Maret.
IH, Al Amin & Kristanto A (2015),Aplikasi Customer Relationship Management (CRM)
DI CV. Matahari Digital Printing Semarang, Skripsi,Program Studi Teknik Informatika FTI Unisbank, Semarang.
IH, Al Amin & Nur Hasan (2015), ), Impementasi CRM Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada Layanan Catering, Skripsi, Program Studi Teknik Informatika FTI Unisbank, Semarang.
Kalakota, Ravi & Maria Robinson. 2001. E-Business 2.0 :Roadmap for Success. AddisonWesley, Longman Inc., USA.
Kusnadi. 2000. Akuntansi Keuangan Menengah. Malang :PenerbitUniversitas Brawijaya.
Pratama I Putu A, E, (2014), Sistem Informasi dan Implementasinya, Informatika, Bandung, 2014 : 7-10.
Turban, Efraim et al. (2012).Electronic Commerce: A ManagerialPerspective,International Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Wong, Jony, 2010, Internet Marketing for Beginners,ElexMediaKomputindo,Jakarta.
Published
2019-07-20
How to Cite
Husni Al Amin, I., & Raiz Hutama, T. (2019). APLIKASI CRM PADA TOKO ANIK SALATIGA BERBASIS WEB MOBILE. Information Technology and Telematics, 8(2). Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/6582
Section
Articles