RANCANG BANGUN JARINGAN INTERNET LOAD BALANCE DENGAN 2 ISP MENGGUNAKAN METODE PER CONNECTION CLASSIFIER ( PCC)

  • Yusuf Setyawan
  • Felix Andreas Sutanto
Keywords: Keyword -Koneksi internet 2 isp, load balance pcc, load balancing Pcc ,Mikrotik.

Abstract

     Abstract - SMK N 3 Kendal yaitu sebuah instansi pendidikan yang telah menjadikan Teknik Komputer Jaringan sebagai salah satu kejuruan yang ada di sekolah tersebut. Dan hampir setiap proses belajar-mengajar disana juga memerlukan koneksi internet untuk memudahkan siswa mencari materi pembelajaran. Maka daripada itu, SMK N 3 Kendal menginginkan suatu koneksi internet yang stabil dan handal. Oleh karena itu timbul solusi untuk menggunakan dua ISP dan menjadikan mikrotik sebagai load balance Pcc. Pemilihan load balance Pcc dikarenakan metode tersebut memenuhi kriteria karena dapat meningkatkan kecepatan koneksi dan membagi beban pada kedua gateway agar tidak terjadi overload. Lalu penulis menerapkan pula teknik fail over, yaitu dimana jika salah satu koneksi gateway sedang terputus, maka gateway lainnya otomatis akan menjadi backup yang akan menopang semua traffic jaringan.

References

DAFTAR PUSTAKA

Andri Dwi Utomo. (2011) Implementasi Load
Balancing Dua Isp Menggunakan Mikrotik, Skripsi, Program Studi Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Muhammad Hafizh. (2011) Load Balancing Dengan
Metode Per Connection Classifier (Pcc) Menggunakan Proxy Server Sebagai Caching, Skripsi, Program Studi Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Nurul Fadilah Zamzami. (2013) Implementasi Load
Balancing dan Failover menggunakan Mikrotik router OS berdasarkan multihomed gateway pada warung internet ”DIGA ”, Skripsi, Program Studi Teknik Informatika Politeknik Telkom,Bandung.
Published
2019-05-17
How to Cite
Setyawan, Y., & Andreas Sutanto, F. (2019). RANCANG BANGUN JARINGAN INTERNET LOAD BALANCE DENGAN 2 ISP MENGGUNAKAN METODE PER CONNECTION CLASSIFIER ( PCC). Information Technology and Telematics, 8(2). Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/6575
Section
Articles