SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMINJAMAN ASET RUANGAN MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT PADA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS DIPONEGORO

  • Widiyanto Tri Handoko
  • Rezky Febriani
Keywords: Metode Weighted Product, Sistem Pendukung Keputusan Peminjaman Ruangan, Web Mobile, Aset

Abstract

ABSTRAK

 

Pemanfaatan aset yang dimiliki oleh Fakultas Hukum Universitas Diponegoro telah dilakukan, salah satunya yaitu peminjaman ruangan di gedung S1 Fakultas Hukum Universitas Diponegoro. Proses peminjaman ruangan yang dilakukan di Fakultas Hukum sering terjadi kendala yaitu peminjam ruang jarang bertemu dengan petugas pencatat ruang yang sering bertugas diluar ruangan. Hal ini mengakibatkan kurangnya informasi yang diperoleh peminjam ruang ketika hendak mengetahui fasilitas hingga jadwal ruangan yang dibutuhkan. Sistem pendukung keputusan menggunakan metode weighted product merupakan sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat membantu para peminjam ruang dalam menentukan ruangan yang dibutuhkan sesuai dengan jumlah peserta dan jadwal yang ditentukan untuk dipinjam. Sistem pendukung keputusan peminjaman aset ruangan dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman php berbasis web mobile. Tujuan dari pembuatan penelitian ini adalah untuk menciptakan sistem pendukung keputusan peminjaman aset ruangan menggunakan metode weighted product. Metode weighted product berfungsi untuk memberikan keputusan dengan menampilkan alternatif ruangan yang disediakan sesuai hasil perhitungan sistem sehingga diharapkan dapat memberikan solusi kemudahan bagi peminjam ruang dalam menentukan ruangan yang hendak dipinjam sesuai dengan kebutuhan. Kemudahan lain yang diberikan oleh sistem pendukung keputusan ini adalah pengguna dapat mengetahui informasi mengenai ruangan yang ada di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro serta kemudahan bagi petugas ruang dalam proses administrasi peminjaman ruangan

References

DAFTAR PUSTAKA

[1] Syakur, A. S. (2015) Intermediate Accounting, AV Publisher, Jakarta.

[2] Universitas Diponegoro (2017) Catatan Atas Laporan Barang Milik Universitas Diponegoro Tahun 2017.

[3] Turban, E., Aroson, J., E., and Liang, T. (2009) Decision Support Systems and Intelligent Systems, 7th Ed, jilid 1, Andi Offset, Yogyakarta.

[4] Nofriansyah, D. (2014) Konsep Data Mining VS Sistem Pendukung Keputusan, Deepublisher, Yogyakarta.

[5] Ahmadi, A. dan Wijayanti, D. T. (2014) Implementasi Wighted Product (WP) dalam Penentuan Penerima Bantuan Langsung Masyarakat PNPM Mandiri Perdesaan, Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).

[6] Basyaib, F. (2006) Teori Pembuatan Keputusan, PT. Grasindo, Jakarta.

[7] Agustin, Y. H. dan Kurniawan, H. (2015) Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan Metode Weighted Product (Studi Kasus: STMIK Pontianak), Prosiding Seminar Nasional Informatika, Medan.

[8] Nurjannah, N., Arifin, Z. dan Khairina, D. M. (2015) Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Sepeda Motor Dengan Metode Weighted Product, Jurnal Informatika Mulawarman, No. 2, Vol. 10.

[9] Supriyono, H. dan Sari, C. P. (2015) Pemilihan

Rumah Tinggal Menggunakan Metode Weighted Product, Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, No. 1, Vol. 1.

[10] Yoni, D. C. dan Mustafidah, H. (2016) Penerapan Metode WP (Weighted Product) Untuk Pemilihan Mahasiswa Lulusan Terbaik di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Purwokerto, JUITA, No. 1, Vol. IV.

[11] Henderi (2006) Unified Modelling Language, Raharja Enrichment Centre (REC), Tangerang.

[12] Khadir, A. (2003) Dasar Aplikasi Database MySQL Delphi, CV Andi Offset, Yogyakarta.

[13] Nugroho, A. (2010) Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML dan Java, Andi Publishing, Yogyakarta.

[14] Pressman, R. S. (2001) Software Engineering, McGraw-Hill, New York.

[15] Solichin, A. (2016) Pemrograman Web dengan PHP dan MYSQL, Universitas Budi Luhur, Jakarta.

[16] Yuana, R. A. (2012) Basic PHP Tutorial, Jakarta.
Published
2019-05-27
How to Cite
Tri Handoko, W., & Febriani, R. (2019). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMINJAMAN ASET RUANGAN MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT PADA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS DIPONEGORO. Information Technology and Telematics, 8(2). Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/6565
Section
Articles