SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT PADA KOPKAR CV. TUNAS JAYA PERSADA SEMARANG MENGGUNAKAN METODE AHP BERBASIS WEB

  • Sariyun Naja Anwar
  • Bayu Marga Indra Pangestu
Keywords: Kata kunci : Sistem Pendukung Keputusan, AHP, Koperasi

Abstract

ABSTRAK

Sistem Pendukung Keputusan (SPK) adalah sistem yang dapat membantu seseorang dalam mengambil keputusan yang akurat dan tepat sasaran. Banyak permasalahan yang dapat diselesaikan dengan menggunakan SPK, salah satunya adalah Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Kredit. Ada beberapa metode yang dapat digunakan dalam membangun suatu SPK diantaranya analytical hierarchy process (AHP). AHP merupakan metode yang paling banyak digunakan dalam memecahkan permasalahan yang bersifat multikriteria, seperti dalam SPK Pemberian Kredit. Penelitian ini menggunakan metode AHP dalam menentukan kelayakan nasabah penerima Kredit pada Kopkar CV. Tunas Jaya Persada Semarang.

Dalam penentuan kelayakan nasabah penerima Kredit, ada beberapa kriteria yang menjadi dasar pengambilan keputusan antara lain Pekerjaan, Jaminan, Status Karyawan, Penghasilan, Pengeluaran, Usia. Adapun hasil akhir dalam penelitian ini adalah hasil prioritas global kriteria nasabah, yang diurutkan dari yang tertinggi hingga terendah, sehingga pihak perusahaan dapat dengan mudah mengambil keputusan dengan melihat hasil tersebut.

References

DAFTAR PUSTAKA

[1].Turban, E., J. E. Aronson, dan T. Liang. (2015), Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas, Jogyakarta, Andi Offset.
[2].Saaty, T. L. (2008). Decision Making with the Analytic Hierarchy Process. Int. J. Services Sciences, 83-98.
[3].Sugiyono. (2013), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung, Alfabeta.
Published
2019-03-20
How to Cite
Naja Anwar, S., & Indra Pangestu, B. (2019). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT PADA KOPKAR CV. TUNAS JAYA PERSADA SEMARANG MENGGUNAKAN METODE AHP BERBASIS WEB. Information Technology and Telematics, 8(2). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/6538
Section
Articles