RANCANG BANGUN SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT BALITA MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR BERBASIS WEB MOBILE

  • Lisa Okta Katelia
  • Zuly Budiarso
Keywords: Keyword - Sistem Pakar, Certainty Factor, Balita, PHP, MySQL.

Abstract

Abstract -Dibandingkan dengan orang dewasa, balita lebih rentan terkena penyakit. Kondisi geografis Indonesia yang berada di daerah tropis menyebabkan beragam penyakit. Diperlukan pengetahuan terhadap penyakit-penyakit yang biasa diderita oleh balita, agar orang tua dapat bertindak cepat dan tepat dalam mencegah dan menanggulangi kondisi tersebut. Beberapa penyakit yang dianggap ringan dan biasa, namun orang tua tetap harus waspada karena penyakit ringan pada orang dewasa dapat menyebabkan dampak yang berbahaya bagi balita diantaranya diare, demam, sembelit, ruam, batuk dan sebagainya. Saat si kecil masih berusia dibawah lima tahun, sistem kekebalan tubuh belum terbentuk secara sempurna. Akibatnya, balita mudah terserang berbagai macam penyakit.

Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah sistem pakar yang terdiri dari identifikasi, konseptualisasi, formalisasi, implementasi dengan PHP dan MySQL, evaluasi.

Hasil akhir dari penelitian ini adalah sistem pakar diagnosa penyakit balita menggunakan metode certainty factor berbasis web mobile menghasilkan nilai akhir presentase keyakinan antara 0 sampai dengan 100 %.

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed