APLIKASI GAME PETUALANGAN CEPOT UNTUK MENGENAL BUDAYA JAWA BARAT

  • ALFUN ADAM
  • DEWI HANDAYANI UN, S.Kom., M.Kom.

Abstract

Abstraksi

Indonesia memiliki keanekaragaman budaya, khususnya Jawa Barat yang merupakan provinsi dengan cirri khas yang berbeda dari provinsi lain dibidang pariwista dan kebudayaannya. Perkembangan teknologi masa kini membuat masyarakat khususnya anak-anak mulai terlupa dan memilih bermin game melalui smartphone. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara membuat aplikasi game “Petualangan Cepot” berbasis android dengan desain yang mudah    digunakan dan dapat difungsikan sebagai media edukasi.

Metode pembuatan game ini adalah coillision detection dimulai dari analisis perancangan, pembuatan, pengujian dan pemeliharaan. Model permainan yang disajikan berupa wayang cepot sebagai tokoh utama, dan terdapat 3 level bergenre adventure. Level 1 berupa pertanyaan kuis pilihan ganda, level 2 berupa tebak gambar dan level 3 berupa game puzzle yang berisi foto khas budaya jawa barat.

Pengujian yang dilakukan meliputi, pengujian 3 perangkat terhadap perangkat android yang berbeda spesifikasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game “Petualangan Cepot” yang dibuat menggunakan construct 2 dapat dijalankan pada perangkat mobile yang berplatform android dengan mudah oleh para pengguna.

 

Kata kunci : Game, android, Budaya Jawa Barat

 

Abstract

Indonesia has a diversity of cultures, especially West Java which is a province with a distinctive cirri different from other provinces in the field of tourism and culture. The development of today's technology makes the community, especially children began to forget and choose the game through the smartphone. Therefore, this study aims to find out how to create an application game "Adventure Cepot" based on android with a design that is easy to use and can function as a media education.

The method of making this game is coillision detection starting from the analysis of designing, manufacturing, testing and maintenance. The game model is presented as wayang cepot as the main character, and there are 3 levels of adventure genre. Level 1 in the form of multiple choice quiz questions, level 2 in the form of figure guess and level 3 in the form of puzzle game containing the typical image of west java culture.

Tests conducted include, testing 3 devices against different android device specifications. The results show that the game "Cepot Adventure" created using construct 2 can be run on mobile devices with android platform easily by the users.

 

Keywords: Game, android, Culture of West Java

 

Published
2018-06-06
How to Cite
ADAM, A., & HANDAYANI UN, S.Kom., M.Kom., D. (2018). APLIKASI GAME PETUALANGAN CEPOT UNTUK MENGENAL BUDAYA JAWA BARAT. Information Technology and Telematics, 8(1). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/5920
Section
Articles