DESIGN AND IMPLEMENTATION OF WOMEN ONLINE STORES BASED ON RESPONSIVE WEB (CASE STUDY BRIZKY SEMARANG BOUTIQUE)
Abstract
Abstract - Brizky Boutique is one of business providing women fashion, bag and wallet. Based on the observation, Brizky Boutique faces several challenges in terms of marketing, sales report and long distance purchase and payment. Those become the background of designing and implementing online web-based commerce for Brizky Boutique in Semarang. The objective of this project is to improve marketing, manage sales reports, and improve online purchase and payment.
Brizky Boutique web-based E-commerce application is developed using web-based software development methods. Consists of several steps on System Development Life Cycle i.g. planning, designing, analytics, development, implementation and testing. This SDLC model give robust system since it is well-planned and analyzed before the implementation.
The objective of e-commerce application for Brizky Boutiqe specifically to facilitate consumers in terms of informations about prices, products, purchase and transaction on Brizky Boutique virtually which can be accessed through various media.
Keywords: Website, e-commerce, SDLC, PHP and MySql
AbstrakButik Brizky adalah suatu perusahaan yang bergerak dibidang penjualan busana wanita, tas maupun dompet. Pada saat observasi ke Butik Brizky, Butik Brizky mengalami beberapa masalah diantaranya yaitu kesulitan memasarkan produk, kesulitan pengolahan laporan penjualan serta kesulitan dalam proses pembelian dan pembayaran dengan pelanggan yang jauh. Permasalahan inilah yang melatarbelakangi perancangan dan implementasi toko online (e-commerce) busana wanita berbasis web pada Butik Brizky Semarang, dengan tujuan untuk memudahkan pemasaran produk, mempermudah pengelolaan laporan, serta mempermudah konsumen untuk melakukan pembelian dan pembayaran.
Aplikasi e-commerce Butik Brizky merupakan aplikasi berbasis web yang dibuat dengan menggunakan metode pengembangan perangkat lunak berbasis web. Pengembangan aplikasi e-commerce Butik Brizky menggunakan beberapa tahap sesuai dengan langkah-langkah yang ada pada pembangunan perangkat lunak model SDLC (System Development Life Cycle), diantaranya yaitu tahap perencanaan, desain, analisa, pengembangan, implementasi dan testing. Model SDLC ini memberikan hasil sistem yang lebih baik karena sistem dianalisis dan dirancang secara keseluruhan sebelum diimplementasikan
Tujuan dari pembangunan aplikasi e-commerce pada Butik Brizky yaitu aplikasi yang dibangun dapat memberikan kemudahan bagi konsumen untuk mendapatkan informasi harga, informasi produk, pembelian dan melakukan transaksi pada Butik Brizky secara online yang dapat diakses melalui berbagai macam media.
Kata Kunci : Website, e-commerce, SDLC, PHP dan MySql.
DAFTAR PUSTAKA
Andy, F., Saputra, R., & Rahman, A. (2014). Perancangan E-Commerce Berbasis Website Pada Toko Dunia Palembang, 1–11.
Gomez, G., & Sanchez, R. (2005). End-to-End Quality of Service over Cellular Networks. England, John Wiley and Sons.
Jadhav, R., & Pawar, U. (2011). Churn Prediction in Telecommunication Using Data Mining Technology. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 2(2), 17–19.
Jogianto, H. . (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.
Kamal, J., Murshed, M., & Buyya, R. (2016). Workload-aware incremental repartitioning of shared-nothing distributed databases for scalable OLTP applications. Future Generation Computer Systems, 56, 421–435.
Kosasi, S. (2014). Pembuatan sistem informasi penjualan berbasis web untuk memperluas pangsa pasar. Prosiding SNATIF Ke-1 Tahun 2014, 225–232.
Rulia Puji Hastanti, Bambang Eka Purnama, I. U. W. (2015). Sistem Penjualan Berbasis Web ( E-Commerce ) Pada Tata Distro Kabupaten Pacitan. Bianglala Informatika, 3(2), 1–9.
Sommerville, I. (2011). Software Engineering (9th ed.). Pearson Education, Inc.
Verbeke, W., Dejaeger, K., Martens, D., Hur, J., & Baesens, B. (2012). New insights into churn prediction in the telecommunication sector: A profit driven data mining approach. European Journal of Operational Research, 218(1), 211–229.
Yu, X., Guo, S., Guo, J., & Huang, X. (2011). An extended support vector machine forecasting framework for customer churn in e-commerce. Expert Systems with Applications, 38(3), 1425–1430.
Barokatullah, A. H. (2005). Bisnis E-Commerce Studi Sistem Keamanan dan Hukum di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Indriyani, & Humdiana, E. (2005). Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Lajdamudin, A. B. (2006). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Nugroho, A. (2006). E-Commerce Memahami Perdagangan Modern di Dunia Maya. Bandung: Informatika.
Sholiq. (2006). Pemodelan Sistem Informasi Berorientasi Objek dengan UML. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Suhendar, H. G. (2002). Visual Modeling UML dan Rational Rose. Bandung: Informatika.
Sunarto, A. (2009). Seluk Beluk E-Commerce. Yogyakarta: Andi.
Supriyanto, A. (2005). Pengantar Teknologi Informasi. Salemba Infotex.