RANCANG BANGUN APLIKASI PEMESANAN PICK-UP BARANG BERBASIS WEB DI JNE SEMARANG DESIGN OF ORDERING APPLICATION OF PICK-UP OF WEB-BASED GOODS IN JNE SEMARANG
Abstract
Abstract
PT. Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) is a freight forwarder and document delivery company established since 1990. In 2004, JNE established its head office located in Jakarta. In Semarang JNE has a branch office Jl. Kumudasmoro Tengah No.5 Semarang. In the system that is running there are many obstacles such as the difficulty of ordering in the picking of goods that are called pick-ups to many customers, because during this order the taking of goods is done via phone. The research method used in this research is waterfall with the stages of system startup, system analysis, system design using UML and system implementation using PHP and MySQL. The result of this research is the creation of ordering application of pick-up of goods in JNE Semarang web-based. To develop an application with the aim to facilitate customers in ordering pick-up (pick-up).
Keywords Web; JNE; UML; PHP; MySQL
Abstrak
PT. Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) adalah perusahaan jasa pengiriman barang dan dokumen yang telah berdiri sejak tahun 1990. Pada tahun 2004, JNE mendirikan kantor pusat yang berada di Jakarta. Di Semarang JNE memiliki kantor cabang Jl. Kumudasmoro Tengah No.5 Semarang. Dalam sistem yang sedang berjalan terdapat banyak kendala antara lain sulitnya memesan dalam pengambilan barang yang di sebut pick-up ke banyak pelanggan, karena selama ini pemesanan pengambilan barang di lakukan via telepon. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu waterfall dengan tahapan pemulaan sistem, analisis sistem, perancangan sistem menggunakan UML dan implementasi sistem menggunakan PHP dan MySQL. Hasil dalam penelitian ini adalah Terciptanya aplikasi pemesanan pick-up barang di JNE Semarang berbasis web. Untuk mengembangkan aplikasi dengan tujuan dapat mempermudah pelanggan dalam memesan pengambilan barang (pick-up).
Keywords Web; JNE; UML; PHP; MySQL
- 1. Pendahuluan
Pada era globalisasi sekarang ini terjadi perkembangan dunia bisnis yang semakin pesat. Perkembangan bisnis tersebut juga semakin meluas melampui batas-batas wilyah negara berkat adanya kemajuan di bidang teknologi informasi (internet). Pesatnya perkembangan bisnis melalui internet (online) yang sangat berkaitan dengan jasa pengiriman barang menyebabkan semakin besar permintaan terhadap jasa pengiriman barang tersebut. Kondisi ini mendorong semakin banyaknya pelaku usaha yang berkiprah dalam pada bisnis jasa pengiriman barang.
Sebagai perubahan yang terus berbenah mengikuti perkembangan jaman. JNE terus memperbaiki sistemnya yaitu terutama dalam pengambilan barang yang di sebut pick-up. Saat ini sistem yang ada di JNE Semarang masih banyak dijalankan dengan cara mesanan penjemputan barang via telepon dan di lakukan dokumentasi pemesanan secara manual. Sehingga sering terjadi masalah dan kendala yaitu sering terjadi salah jadwal pick-up dan barang tidak di pick-up Masalah dan kendala akibat dari sistem informasi yang masih
Daftar Pustaka
Dhika, Harry. Lukman. Fitriansyah, Aswin., 2015. Perancangan Web Jasa Pengiriman Barang
Nugroho, Bunafit., 2010. Membuat Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Dengan PHP dan MySql, Penerbit GAVA MEDIA, Jogjakarta,.
Nur, Novianti. Sugiantini, Kharispita., 2014. Aplikasi Pricelist Ongkos Kirim dan Tracking JNE Berbasis Android
Pressman, R.S., 2010, Software Engineering :a practitioner’s approach, McGraw-Hill, New York,.
Triyanto, Eka. Revina, Widya., 2013. Perancangan Sistem Informasi Pencatatan Pengiriman Barang di PT. TIKI Jalur Nugraha Eka Kurir Cabang Bandung,.