RANCANG BANGUN APLIKASI PENGHAFAL AL QUR’AN MENGGUNAKAN METODE LISTENING UNTUK PERANGKAT MOBILE BERBASIS ANDROID

  • 13.01.53.0101 NIA OKTAVIANA

Abstract

ABSTRAK

Tingkat mobilitas yang tinggi bagi masyarakat pada umumnya menjadi kendala dalam mempelajari dan menghafal Al qur’an. Penggunaan smartphone atau perangkat mobile yang semakin hari semakin meningkat menjadikan peluang untuk membuat aplikasi pembelajaran hafalan Al-Qur’an secara praktis.Tugas akhir ini bertujuan untuk membuat sebuah aplikasi pembelajaran menghafal Al-Qur’an dengan metode listening yang diterapkan pada perangkat mobile berbasis android menggunakan Construct 2.

Aplikasi ini  berisi tahap-tahap yang harus dilakukan dalam menghafal Al Qur’an, seperti audio pengulangan berkali-kali, memahami arti Al-Qur’an, melanjutkan dan mengurutkan ayat dengan grafis yang  menarik untuk mendukung pembelajaran, sehingga dapat digunakan untuk membantu dalam belajar menghafal Al Qur’an. Kelebihan dari aplikasi ini adalah mempermudah masyarakat dalam menghafal Al-Qur’an dengan membuka aplikasi secara berulang tanpa melalui pendamping atau guru privat.

Kata Kunci: Pembelajaran hafalan, menhafal alquran, Al quran

Published
2017-10-27
How to Cite
NIA OKTAVIANA1. (2017). RANCANG BANGUN APLIKASI PENGHAFAL AL QUR’AN MENGGUNAKAN METODE LISTENING UNTUK PERANGKAT MOBILE BERBASIS ANDROID. Information Technology and Telematics, 7(2). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/5479
Section
Articles