APLIKASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA SISTEM ANTRIAN DI BANK BPD JATENG PEMUDA

  • 10.01.53.0184 WAKHIT DWIJAYANTO

Abstract

Abstrak
Perusahaan  atau  organisasi  sangat  membutuhkan  manajemen
pengelolaan pelanggan atau  Customer Relationship Management  (CRM) dalam
menjalankan  kegiatan  usahanya.  Hal  ini  diperlukan  untuk  mengevaluasi  serta
memperbaiki  kinerja  produktivitasnya.  Sistem  antrian  bank  saat  ini  sudah
berkembang  bukan  hanya  memenuhi  fungsinya  sebagai  sistem  antrian  saja,
melainkan juga berfungsi sebagai alat kontrol ketepatan dan kecepatan pekerjaan,
serta  memenuhi  kinerja  yang  diharapkan  pada  sisi  Customer  Relationship
Management  (CRM).  Salah satu inovasi yang dilakukan adalah pada penerapan
aplikasi  Customer Relationship Management  (CRM) pada  sistem antrian teller.
Salah  satu  penerapan  (CRM)  adalah  dengan  .menambahkan  survey  polling
kepuasan  terhadap  pelayanan  yang  diberikan  oleh  pihak  Bank  Jateng  Cabang
Pemuda terhadap nasabah.
Dalam penelitian ini menghasilkan  aplikasi (CRM) pada Sistem Antrian
yang dapat mengetahui persentase kepuasan nasabah serta dapat meningkatkan
pelayanan yang maksimal terhadap para nasabah di Bank Jateng Cabang Pemuda
Semarang menggunakan framwork Codeigniter.
KATA KUNCI
Sistem  Antrian,  Codeigniter,  Customer  Relationship  Management
(CRM).
Published
2017-10-27
How to Cite
WAKHIT DWIJAYANTO1. (2017). APLIKASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA SISTEM ANTRIAN DI BANK BPD JATENG PEMUDA. Information Technology and Telematics, 7(2). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/5470
Section
Articles