RANCANG BANGUN SISTEM PENGENDALI RANJANG PASIEN RUMAH SAKIT MENGGUNAKAN SMARTPHONE ANDROID VIA BLUETOOTH BERBASIS ARDUINO UNO

  • 13.01.53.0114 RIFQI ARIEF RAHMAN

Abstract

Abstrak
Setiap rumah sakit memiliki ranjang  yang digunakan untuk pasien rawat inap  ataupun  rawat  jalan.  Ranjang  yang  digunakan  bisa  diatur  ketinggian  pada bagian kepalanya supaya pasien lebih nyamanatau kadang ada pasien yang susah untuk duduk jadi kepala ranjang tinggal dinaikan. Terkadang ada pasien yang tidak bisa mengatur ranjang sendiri dan harus memanggil perawat.

Pengendalian  ranjang  pasien  rumah  sakit  yang  di  kendalikan  melalui smartphone android adalah salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut. Apabila pasien rumah sakit tidak bisa mengendalikan ranjang yang di gunakan maka dia tinggal menghubungi perawat, dan perawat tidak usah datang ke kamar pasien, dia tinggal melihat dari  CCTV  yang tersedia pada masing-masing kamar pasien lalu mengendalikanya  melalui  smartphonenya  yang  dihubungkan  dengan  ranjang pasien tersebut lewat bluetooth. Pasien tinggal memberi perintah dengan telephone tanpa  menunggu  perawat  datang.  Perawat  mengkoneksikan  bluetoothnya   ke ranjang yang digunakan pasien dan menjalankan perintah dari pasien tersebut.

Hasil dalam penelitian ini adalah  terciptanya  sistem  pengendalian ranjang pasien  rumah  sakit  yang  digerakan  menggunakan  smartphone  android  dengan aplikasi pengendali ranjang pasien. Sehingga untuk mengendalikan ranjang pasien bisa dilakukan secara jarak jauh menggunakan smartphone android tersebut.

Kata Kunci : Android, Arduino Uno, Control Arduino

Published
2017-11-01
How to Cite
RIFQI ARIEF RAHMAN1. (2017). RANCANG BANGUN SISTEM PENGENDALI RANJANG PASIEN RUMAH SAKIT MENGGUNAKAN SMARTPHONE ANDROID VIA BLUETOOTH BERBASIS ARDUINO UNO. Information Technology and Telematics, 7(2). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/5427
Section
Articles