APLIKASI PENGARSIPAN SURAT MENYURAT DAN DATABASE TERINTEGRASI PADA SETDA KABUPATEN SARMI – PAPUA

  • 15.01.63.0014 IVEN SURIATNO

Abstract

Sarmi  -  Papua. Sebuah instansi pemerintahan membutuhkan sistem informasi atau aplikasi yang dapat membantu dalam manajemen surat. Pengelolaan surat di  instansi  yang  menggunakan  sistem  manual  sering  menimbulkan  berbagi polemik  dalam  implementasinya.  Aplikasi  pendataan  dan  pengarsipan  surat menyurat  dan  database  terintegrasi  ini  bertujuan  meningkatkan  pengelolaan data dan arsip surat menyurat lebih efektif dan efisien. Aplikasi ini diharapkan dapat  menguprade pelayanan SETDA Kabupaten Sarmi pada segi administratif.

Tahapan  perancangan  yang  digunakan  meliputi  UML,  Desain  Interface, Flowmap, dan Flowchart. Software yang digunakan dalam  pembuatan aplikasi dimaksud  menggunakan  xampp  untuk  menjalankan  web  servernya,  MySQL untuk pengelolaan database dan VB.net sebagai perancang interface dan fungsi aplikasi. Implementasi sistem informasi surat masuk dan keluar menampilkan tampilan  antar  muka,  yaitu  :  antar  muka  user  dan  antar  muka  administrator. Aplikasi  pengarsipan  surat  menyurat  dan  database  terintegrasi  pada  SETDA Kabupaten Sarmi memungkinkan pendataan surat dan pengarsipan surat lebih baik dari metode sebelumnya. Memberikan sarana edit surat sesuai kebutuhan, pencarian  surat,  view  arsip  dan  pelaporan  surat  lebih  efektif  dan  terarah. Aplikasi ini bersifat offline.

Keywords: Manajemen Surat, Aplikasi, VB.Net, MySql.

Published
2017-11-01
How to Cite
IVEN SURIATNO1. (2017). APLIKASI PENGARSIPAN SURAT MENYURAT DAN DATABASE TERINTEGRASI PADA SETDA KABUPATEN SARMI – PAPUA. Information Technology and Telematics, 7(2). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/5422
Section
Articles