Implementasi Algoritma Fisher Yates Shuffle Pada Aplikasi Media Pembelajaran Rangkuman Ilmu Sosial SMA Berbasis Android

  • 13.01.53.0011 SYAMSUL HUDA

Abstract

Abstrak
Ilmu  sosial  merupakan  salah  satu  cabang  ilmu  yang  diajarkan  di  tingkat sekolah menengah  atas (SMA).  Agar materi pelajaran  yang disampaikan  mudah dipahami  maka  digunakanlah  media  pembelajaran.  Media  pembelajaran  yang berisi berbagai materi dan soal latihan  tentunya  dapat melatih pemahaman siswa ajar.
Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  bagaimana  implementasi algoritma  Fisher  Yates  Shuffle  untuk  pengacakan  soal  latihan  sekaligus membangun  aplikasi  yang  dapat  merangkum  beberapa  materi  ilmu  sosial  SMA pada  perangkat  mobile  berbasis  android  menggunakan  construct  2.  Aplikasi  ini berisi materi ilmu sosial yang diajarkan  di tingkat sekolah menengah atas (SMA) diataranya sosiologi, geografi dan ekonomi.
Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini ialah hasil pengacakan soal yang  berbeda  bagi  setiap  pengguna  /  siswa  yang  sedang  melakukan  atau mengerjakan latihan soal sehingga siswa tidak menerima soal yang sama.

Kata Kunci : media pembelajaran, aplikasi android, ilmu sosial, fisher-yates shuffle

Published
2017-11-01
How to Cite
SYAMSUL HUDA1. (2017). Implementasi Algoritma Fisher Yates Shuffle Pada Aplikasi Media Pembelajaran Rangkuman Ilmu Sosial SMA Berbasis Android. Information Technology and Telematics, 7(2). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/5413
Section
Articles