Implementasi Algoritma Fisher Yates Shuffle Pada Aplikasi Media Pembelajaran Rangkuman Ilmu Sosial SMA Berbasis Android
Abstract
Abstrak
Ilmu sosial merupakan salah satu cabang ilmu yang diajarkan di tingkat sekolah menengah atas (SMA). Agar materi pelajaran yang disampaikan mudah dipahami maka digunakanlah media pembelajaran. Media pembelajaran yang berisi berbagai materi dan soal latihan tentunya dapat melatih pemahaman siswa ajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi algoritma Fisher Yates Shuffle untuk pengacakan soal latihan sekaligus membangun aplikasi yang dapat merangkum beberapa materi ilmu sosial SMA pada perangkat mobile berbasis android menggunakan construct 2. Aplikasi ini berisi materi ilmu sosial yang diajarkan di tingkat sekolah menengah atas (SMA) diataranya sosiologi, geografi dan ekonomi.
Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini ialah hasil pengacakan soal yang berbeda bagi setiap pengguna / siswa yang sedang melakukan atau mengerjakan latihan soal sehingga siswa tidak menerima soal yang sama.
Kata Kunci : media pembelajaran, aplikasi android, ilmu sosial, fisher-yates shuffle