IMPLEMENTASI METODE RANDOM ARRAY SHUFFLE PADA PERMAINAN KUIS EDUKASI BE JUNZI BERBASIS ANDROID IMPLEMENTATION METHOD OF RANDOM ARR AY SUFFLE ON EDUCATIONAL QUIZ GAME BE JUNZI BASED ON ANDROID

  • 13.01.53.0047 DESDIANDI HARTOPOH

Abstract

Abstrak
Pendidikan  Agama  Khonghucu  yang  baru  mulai  dilaksanakan  kembali  setelah  33  tahun dilaksanakan  secara  internal  (tertutup),  karena  keterlambatan  didalam  memperoleh  pendidikan Agama  Khonghucu  menyebabkan  kualifikasi  serta  kompetensi  dari  para  pendidik/pengajar/guru maupun  peserta  didik  kurang  berkembangan  dengan  baik  sehingga  mempengaruhi  proses pembelajaran,  penilaian,  kemampuan,  keterampilan,  pengetahuan,  sikap,  dan  minat  didalam bidang studi Pendidikan Agama Khonghucu. Di sisi lain, banyak cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualifikasi dan kompetensi pendidik dan peserta didik, salah satunya adalah media pembelajaran seperti game pada android.
Game  mobile  yang  dapat  dimainkan  terus-menerus,  dimana  saja,  kapan  saja,  Game mobile juga terdiri dari beberapa tipe permainan. Tulisan ini membahas pengembangan dari game android  untuk  membantu  kemampuan  peserta  didik  dalam  pembelajaran  pendidikan  agama Khonghucu. Game  Be  Junzi  dirancang  dengan  game  engine  Construct  2  diimplementasikan  ke  dalam smartphone  dengan  menggunakan  Web  Cocoon.io  dengan  metode  Random  Array  Shuffle mengacak  pertanyaan.  Hasil  penelitian  ini  adalah  bahwa  metode  Random  Array  Shuffle  dapat memberikan pengacakan soal yang mana setiap siswa akan mengejarkan nomor soal yang berbeda.


Kata kunci: Game kuis, Game edukasi ,Pendidikan agama Khonghucu, Be Junzi, Android.

Published
2017-11-01
How to Cite
DESDIANDI HARTOPOH1. (2017). IMPLEMENTASI METODE RANDOM ARRAY SHUFFLE PADA PERMAINAN KUIS EDUKASI BE JUNZI BERBASIS ANDROID IMPLEMENTATION METHOD OF RANDOM ARR AY SUFFLE ON EDUCATIONAL QUIZ GAME BE JUNZI BASED ON ANDROID. Information Technology and Telematics, 7(2). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/5410
Section
Articles