IMPLEMENTASI METODE RANDOM ARRAY SHUFFLE PADA PERMAINAN KUIS EDUKASI BE JUNZI BERBASIS ANDROID IMPLEMENTATION METHOD OF RANDOM ARR AY SUFFLE ON EDUCATIONAL QUIZ GAME BE JUNZI BASED ON ANDROID
Abstract
Abstrak
Pendidikan Agama Khonghucu yang baru mulai dilaksanakan kembali setelah 33 tahun dilaksanakan secara internal (tertutup), karena keterlambatan didalam memperoleh pendidikan Agama Khonghucu menyebabkan kualifikasi serta kompetensi dari para pendidik/pengajar/guru maupun peserta didik kurang berkembangan dengan baik sehingga mempengaruhi proses pembelajaran, penilaian, kemampuan, keterampilan, pengetahuan, sikap, dan minat didalam bidang studi Pendidikan Agama Khonghucu. Di sisi lain, banyak cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualifikasi dan kompetensi pendidik dan peserta didik, salah satunya adalah media pembelajaran seperti game pada android.
Game mobile yang dapat dimainkan terus-menerus, dimana saja, kapan saja, Game mobile juga terdiri dari beberapa tipe permainan. Tulisan ini membahas pengembangan dari game android untuk membantu kemampuan peserta didik dalam pembelajaran pendidikan agama Khonghucu. Game Be Junzi dirancang dengan game engine Construct 2 diimplementasikan ke dalam smartphone dengan menggunakan Web Cocoon.io dengan metode Random Array Shuffle mengacak pertanyaan. Hasil penelitian ini adalah bahwa metode Random Array Shuffle dapat memberikan pengacakan soal yang mana setiap siswa akan mengejarkan nomor soal yang berbeda.
Kata kunci: Game kuis, Game edukasi ,Pendidikan agama Khonghucu, Be Junzi, Android.