Rancang Bangun Forecasting Pasang Surut Air Laut Dengan Metode Moving Average

  • 12.01.53.0111 Nicson Mascarenhas P. De Matos

Abstract

Abstrak :
Pasang  surut  merupakan  fenomena  fluktuasi  atau  pergerakan  muka  air  laut sebagai fungsi dari waktu yang disebabkan adanya gaya tarik benda-benda di langit, terutama matahari dan bulan terhadap massa air laut di bumi. Peramalan pasang surut air laut sangat bermanfaat untuk informasi kelautan seperti banjir rob untuk daerah di pesisir.  Dengan  mengetahui  kapan  pasang  dan  surut  terjadi,  masyarakat  bisa mempersiapkan  diri  dengan  segala  kemungkinan.  Dalam  melakukan  pembangunan bangunan  pantai,  pasang  surut  air  laut  sangat  dipertimbangkan.  Proses  peramalan pasang surut air laut menggunakan metode moving average (rata-rata bergerak).
Tujuan  yang akan dicapai adalah  untuk membangun peralaman pasang surut air laut  di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dengan menggunakan metode  moving average  yang dapat digunakan untuk meramalkan pasang surut  air laut  di Pelabuhan Tanjung  Emas  Semarang.  Peralaman  pasang  surut  air  laut  di  Pelabuhan  Tanjung Emas  Semarang  dengan  menggunakan  metode  moving  average  dapat  digunakan untuk meramalkan pasang surut air laut di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Kata Kunci :Pasang Surut, Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Moving Average

Published
2017-11-01
How to Cite
Nicson Mascarenhas P. De Matos1. (2017). Rancang Bangun Forecasting Pasang Surut Air Laut Dengan Metode Moving Average. Information Technology and Telematics, 7(2). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/5408
Section
Articles