IMPLEMENTASI DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS AHASS AKMAL JAYA MOTOR PURWODADI)

  • 13.01.55.0057 Ristianingrum

Abstract

Abstrak
Bengkel  Ahass  Akmal  Jaya  Motor  Purwodadi  adalah  salah  satu  bengkel resmi honda yang berada di kecamatan Danyang Kabupaten Purwodadi. Pemilik Ahass  Akmal  Jaya  Motor  terkadang  mengalami  kesulitan  untuk  mengetahui seberapa  banyak  suku  cadang  dan  jasa  yang  telah  terjadi  dalam  satu  transaksi, sehingga pemilik masih manual/spekulasi dalam pembelanjaan suku cadang.

Maka  dari  itu,  dilakukan  analisis  dan  pengujian,  diharapkan  bisa memberikan  informasi  mengenai  pola  transaksi  dan  mengetahui  jasa  dan  suku cadang apa  yang sering  muncul dari AHASS Akmal Jaya Motor. Sehingga bisa membantu pemilik dalam mengambil keputusan untuk melakukan pembelian suku cadang apa saja yang perlu dibeli.

Implementasi Data Mining pada AHASS Akmal Jaya ini bisa menghasilkan rules/aturan  asosiatif  yang  bisa  dilihat  dan  dianalisis  hasilnya,  sehingga  pemilik bisa melihat seberapa tinggi frekuensi suku cadang dan jasa apa saja yang sering terjadi.
.
Kata kunci : Data mining, Ahass, Algoritma Apriori,

Published
2017-11-01
How to Cite
Ristianingrum1. (2017). IMPLEMENTASI DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS AHASS AKMAL JAYA MOTOR PURWODADI). Information Technology and Telematics, 7(2). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/5316
Section
Articles