PERPUSTAKAAN DIGITAL BUKU-BUKU LAMPAU PERPUSTAKAAN DAERAH PROVINSI JAWA TENGAH BERBASIS WEB

  • Sukmana Idola Putra

Abstract

ABSTRAK

Perpustakaan digital merupakan suatu perpustakaan yang menyimpan data buku  dalam  bentuk  file  elektronik  dan  dapat  disebut  juga  sebagai  tempat menyimpan koleksi perpustakaan yang sudah dalam bentuk digital.

Perpustakaan  Daerah  Provinsi  Jawa  Tengah  menyediakan  koleksi  bukubuku pembelajaran atau informasi tentang media cetak dan tulis.

Beberapa koleksi buku-buku  perpusda  yang  terlalu  sering  dipinjam  telah  mengalami  kerusakan, untuk  menanggulangi  permasalahan  tentang  buku-buku  koleksi  persuda  yang sudah mengalami kerusakan fisik tersebut maka  dibuatlah aplikasi Perpustakaan Digital  Buku-buku  Lampau  dengan  cara  mendigitalkan  buku-buku  tersebut  ke dalam format PDF dan menggunakan software PHP dan MySQL.

Dengan  adanya  sistem  perpustakaan  digital  buku-buku  lampau  anggota lebih  mudah  dalam  membaca  buku  yang  berformat  PDF  dengan  cara  anggota mengakses  Perpustakaan  Digital  Buku-buku  Lampau  Perpusda.  Anggota membaca  buku  dengan  cara  men  scroll  kebawah  atau  keatas  sehingga memudahkan untuk membacanya.

Dalam sistem Perpustakaan Digital Buku-buku Lampau Perpusda hanya anggota saja yang bisa menikmati semua koleksi bukubuku lampau dan untuk umum hanya bisa membaca enam buku saja karena sistem
terbagi menjadi dua yaitu untuk umum dan untuk member Perpusda.

Kata Kunci :Perpustakaan digital, Perpustakaan Daera provinsi Jawa tengah ,PHP, MySQL,PDF, website.

Published
2018-02-01
How to Cite
Putra, S. (2018). PERPUSTAKAAN DIGITAL BUKU-BUKU LAMPAU PERPUSTAKAAN DAERAH PROVINSI JAWA TENGAH BERBASIS WEB. Information Technology and Telematics, 7(2). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/5297
Section
Articles