PREDIKSI PENJUALAN TAHU BAKSO PADA TAHU BAKSO TAHUCAHUNGARAN SEMARANG MENGGUNAKAN EXPONENTIAL SMOOTHING

  • ASEP SUPRIYADI .

Abstract

 Abstrak

Prediksi  jumlah  penjualan  merupakan  faktor  penting  untuk menentukan kelancaran  usaha  suatu  perusahaan  diantaranya  Tahucahungaran  Semarang.

Prediksi ini sangat berguna untuk menentukan berapa banyak tahu bakso yang akan diproduksi.  Permasalahan  yang  umum  dihadapi  oleh  Tahucahungaran  Semarang adalah  bagaimana  memprediksi  atau  meramalkan  penjualan  tahu  bakso  di  masa mendatang berdasarkan data penjualan sebelumnya. Metode yang digunakan untuk
memprediksi penjualan pada kasus ini adalah metode single exponential smoothing.

Metode  single  exponential  smoothing  akan  berusaha  mendapatkan  ramalan penjualan dan dapat diketahui gambaran fluktuasi penjualan.

Aplikasi  prediksi penjualan tahu bakso pada tahu bakso Tahucahungaran
Semarang  menggunakan exponential smooting  dapat  digunakan untuk melakukan prediksi  penjualan  tahu  bakso  untuk  periode  berikutnya,  dibuat  dengan menggunakan PHP dan database MySQL yang terdiri dari 6 tabel yaitu tabel alpha, tabel penjualan, tabel bulan, tabel hasil, tabel admin dan tabel temp.

Kata Kunci :Prediksi, Single Exponential Smoothing, Tahu Bakso, PHP, MySQ

Published
2018-02-01
How to Cite
., A. (2018). PREDIKSI PENJUALAN TAHU BAKSO PADA TAHU BAKSO TAHUCAHUNGARAN SEMARANG MENGGUNAKAN EXPONENTIAL SMOOTHING. Information Technology and Telematics, 7(2). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/5294
Section
Articles