E-PUSKESMAS BERBASIS WEB MOBILE PADA PUSKESMAS KECAMATAN BREBES

  • HAWIN RISKATUL BARKAH

Abstract

Abstrak

Puskesmas merupakan unit pelaksana teknis Dinas Kesehatan Kabupaten/kota yang bertanggung jawab menyelenggarakan upaya-upaya kesehatan masyarakat dalam rangka pembangunan kesehatan di wilayah kecamatan. Sistem pelayanan yang selama ini berjalan seperti pendaftaran pasien, penyimpanan data rekam medis pasien dal nlaporan bulanan puskesmas dilakukan secara konvensionla. Hal ini dinilai kurang efisien dan efektif.

Tujuan dari penelitian ini yakni membangun suatu sistem yang mampu menyimpan data lebih akurat, tepat, hemat sumber daya (efisien), memaksimalkan analisa data dan memudahkan proses pelaporan bulanan Puskesmas. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bootstrap yang merupakan library dari HTML, CSS dan JavaScript. Kemudian menggunakan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan database MySQL. Penelitian ini menghasilakn sebuah sistem dokumentasi dan pencatatan data rekam medis berupa e-puskesmas berbasis web mobile.

Kata kunci : Bootstrap, MySQL, e-puskesmas,web mobile

Published
2018-01-26
How to Cite
BARKAH, H. (2018). E-PUSKESMAS BERBASIS WEB MOBILE PADA PUSKESMAS KECAMATAN BREBES. Information Technology and Telematics, 7(2). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/5291
Section
Articles