IMPLEMENTASI DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA ECLAT ( STUDI KASUS AHASS AKMAL JAYA MOTOR PURWODADI )
Abstract
Abstrak
AHASS adalah Bengkel Motor resmi sepeda motor Honda / Astra Honda Authorized Service Station memiliki lambang H2 untuk melakukan perawatan sepeda motor honda. AHASS Akmal Jaya Motor adalah salah satu kantor cabang bengkel motor AHASS yang berada di Purwodadi, Jawa Tengah.
Banyak perusahaan bisnis menggunakkan jumlah data yang besar dari operasi sehari-hari contohnya seperti bengkel ahass akmal jaya motor. Untuk menganalisis data yang berjumlah besar pada ahass akmal jaya motor maka penulis memberikan alternatif cara yaitu menggunakan data mining khususnya asosiasi rule untuk menghasilkan pola transaksi konsumen.
Penelitian ini membahas aturan asosiasi pada data mining dengan menggunakkan algoritma eclat dengan data transaksi suku cadang pada bengkel ahass akmal jaya motor. Penelitian ini menghasilkan pola transaksi konsumen sehingga untuk mengetahui informasi produk dan jasa apa saja yang sering muncul.
Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa metode data mining asosiasi rule dapat membantu pemilik untuk mengetahui pola transaksi konsumen, sehingga pemilik lebih efektif dalam pembelian suku cadang (spare part).
Kata kunci : Data mining, Asosiasi Rule, Algoritma Eclat