PENERAPAN METODE UCD (USER CENTERED DESIGN) PADA APLIKASI PENJUALAN SUKU CADANG SEPEDA MOTOR BENGKEL RAHMAT BERBASIS WEB

  • 12.01.53.0117 MUCHAMAD AZIS

Abstract

Abstraksi
Dewasa  kini  di  Indonesia,  persaingan  dunia  otomotif  kian  memadat. Banyak kalangan dari berbagai usia gemar dengan dunia tersebut.  Dunia otomotif sangat  erat  dengan  yang  bernama  bengkel,  dimana  bengkel  merupakan sumber  daya kedua  dalam  menangani  minimnya  pabrikan  resmi serta salah  satu  yang  paling dibutuhkan oleh pelanggan dari bengkel adalah suku cadang (spare part).

Bengkel rahmat  merupakan  salah  satu  bengkel  motor  yang  menyediakan  suku  cadang sepeda  motor  khususnya  motor  bebek  Yamaha.  Didalam  bengkel  ini  banyak menyediakan  bermacam-macam  suku  cadang  dalam  beberapa  kategory,  misal seperti suku cadang bagian mesin, onderdil, body, dan pelumas.
Penelitian  ini  merupakan  metode  UCD  (User  Centered  Design)  pada aplikasi  penjualan  suku  cadang  sepeda  motor  bengkel  rahmat  berbasis  web. Dalam  penelitian  ini  penjualan  suku  cadang  bengkel  rahmat  disajikan  dalam
bentuk web yang terkoneksi melalui jaringan internet. Pembeli dapat melakukan transaksi  pemesanan  melalui  internet  tanpa  harus  datang  ke  bengkel  Rahmat  itu sendiri sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga.
Selain  itu  pembuatan  website  bengkel  rahmat  disertai  dengan  metode UCD  (User  Centered  Design)  dimana  pengguna  web  merupakan  focus  utama dalam pengembangan website. Interface atau tampilan web akan diambil dari hasil survey  pelanggan  dimana  jika  kondisi  pendapat  pelanggan  lebih  dari  50%  akan dilakukan  perubahan  dengan  yang  terkait.  selain itu pengembangan  dilakukan  oleh  pihak admin jika jumlah responden telah mencapai batas yang telah ditentukan.


Kata kunci : Metode UCD, Penjualan Suku Cadang Sepeda Motor, Berbasis Web.

Published
2016-10-27
How to Cite
MUCHAMAD AZIS1. (2016). PENERAPAN METODE UCD (USER CENTERED DESIGN) PADA APLIKASI PENJUALAN SUKU CADANG SEPEDA MOTOR BENGKEL RAHMAT BERBASIS WEB. Information Technology and Telematics, 6(2). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/4445
Section
Articles