PENERAPAN METODE UCD (USER CENTERED DESIGN) PADA APLIKASI PENJUALAN SUKU CADANG SEPEDA MOTOR BENGKEL RAHMAT BERBASIS WEB
Abstract
Abstraksi
Dewasa kini di Indonesia, persaingan dunia otomotif kian memadat. Banyak kalangan dari berbagai usia gemar dengan dunia tersebut. Dunia otomotif sangat erat dengan yang bernama bengkel, dimana bengkel merupakan sumber daya kedua dalam menangani minimnya pabrikan resmi serta salah satu yang paling dibutuhkan oleh pelanggan dari bengkel adalah suku cadang (spare part).
Bengkel rahmat merupakan salah satu bengkel motor yang menyediakan suku cadang sepeda motor khususnya motor bebek Yamaha. Didalam bengkel ini banyak menyediakan bermacam-macam suku cadang dalam beberapa kategory, misal seperti suku cadang bagian mesin, onderdil, body, dan pelumas.
Penelitian ini merupakan metode UCD (User Centered Design) pada aplikasi penjualan suku cadang sepeda motor bengkel rahmat berbasis web. Dalam penelitian ini penjualan suku cadang bengkel rahmat disajikan dalam
bentuk web yang terkoneksi melalui jaringan internet. Pembeli dapat melakukan transaksi pemesanan melalui internet tanpa harus datang ke bengkel Rahmat itu sendiri sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga.
Selain itu pembuatan website bengkel rahmat disertai dengan metode UCD (User Centered Design) dimana pengguna web merupakan focus utama dalam pengembangan website. Interface atau tampilan web akan diambil dari hasil survey pelanggan dimana jika kondisi pendapat pelanggan lebih dari 50% akan dilakukan perubahan dengan yang terkait. selain itu pengembangan dilakukan oleh pihak admin jika jumlah responden telah mencapai batas yang telah ditentukan.
Kata kunci : Metode UCD, Penjualan Suku Cadang Sepeda Motor, Berbasis Web.