RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI KERUMAHTANGAAN BERBASIS CLIENT SERVER PADA POLITEKNIK NEGERI SEMARANG

  • 13.01.63.0006 Ari Mursandhi

Abstract

Abstrak :

Tata Usaha  merupakan salah  satu Sub. Bagian dibawah  Bagian Umum dan Keuangan (BUK)  yang memiliki kedudukan resmi dan tercatat di Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Satuan Kerja Politeknik Negeri Semarang (Polines)  di lingkungan perguruan tinggi dibawah tata kelola Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Rumah Tangga merupakan salah satu Urusan dibawah  Sub. Bagian Tata Usaha yang menangani semua sarana dan prasarana aset tetap Barang Milik Negara (BMN) yang pelaporan dituntut akuntabilitasnya.

Seiring berkembangnya jaman, terutama di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) maka Bagian Administrasi Umum khususnya urusan Rumah Tangga dapat memanfaatkan perkembangan tersebut pembuatan aplikasi adalah salah satu solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan yang ditimbulkan oleh sistem konvensional dalam penanganan Barang Milik Negara (BMN). Aplikasi yang akan dibuat berbasis desktop yang terkoneksi jaringan. Aplikasi dibuat menggunakan Visual Basic 6.0, SQL Server 2000 Personal untuk penyimpanan data dan Crystal Report 8.5 untuk pelaporan. Aplikasi ini sengaja dibuat dengan basis client – server karena aplikasi akan disebar di beberapa tempat mengacu  pada SOTK Polines yang lokasinya tersebar dan sangat luas. Aplikasi ini didesain dengan 1 server dan akan diakses oleh banyak client selama terkoneksi jaringan.

 

Kata kunci : Client Server, VB 6.0, SQL Server 2000, CR 8.5

Published
2016-04-20
How to Cite
Ari Mursandhi1. (2016). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI KERUMAHTANGAAN BERBASIS CLIENT SERVER PADA POLITEKNIK NEGERI SEMARANG. Information Technology and Telematics, 6(1). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/3925
Section
Articles