CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UNTUK PELAYANAN KONSUMEN PADA WINCOM SERVIS KOMPUTER SEMARANG MENGGUNAKAN SMS GATEWAY BERBASIS WEB

  • 13.01.63.0003 ARIS SUPRIYANTO

Abstract

Abstrak

CRM (Customer Relationship Management) untuk pelayanan konsumen pada Wincom servis komputer menggunakan Gateway ini merupakan salah satu fasilitas yang memanfaatkan media SMS. Sistem akan memberikan informasi kondisi barang yang diservis kepada pelanggan, sehingga memungkinkan pelanggan dapat mengetahui kondisi barang yang diservis dengan efektif.

Metode pengembangan sistem CRM yang digunakan adalah CBD (Component Based Development). Dengan pendekatan CBD memungkinkan suatu aplikasi terbentuk dari komponen-komponen yang dibentuk secara independen dan reuseable. Sedangkan perancangan sistem menggunakan Usecase Diagram, Class Diagram dan Flowchart. Aplikasi SMS Gateway dibuat dengan program PHP, untuk engine SMS menggunakan Gammu dan untuk menghubungkan modem dengan database MySQL

 

Kata Kunci

CRM, SMS Gateway, CBD, Gammu,

Published
2016-04-20
How to Cite
ARIS SUPRIYANTO1. (2016). CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UNTUK PELAYANAN KONSUMEN PADA WINCOM SERVIS KOMPUTER SEMARANG MENGGUNAKAN SMS GATEWAY BERBASIS WEB. Information Technology and Telematics, 6(1). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/3916
Section
Articles