SISTEM INFOMASI PELAYANAN MASYARAKAT DI TINGKAT KELURAHAN MENGGUNAKAN SMS GATEWAY BERBASIS CRM

  • 10.01.53.0014 OKTAVIAN SAPTO NUGROHO

Abstract

Abstract -- Di Lingkungan pemerintahan tingkat tertinggi sekarang ini sudah mulai merambah menggunakan teknologi. Tetapi kebanyakan di pemerintahan tingkat terendah selama ini masih bersifat konvensional sehingga pelayanan kurang bekerja secara maksimal. Agar pelayanan dan informasi dapat dijalankan dengan cepat,tepat dan akurat maka sistem informasi pelayanan masyarakat di implementasikan menggunakan SMS Gateway dengan metode Customer Relation Manajemen (CRM). Penelitian ini menghasilkan Informasi Pelayanan Masyarakat pada Tingkat Kelurahan Menggunakan SMS Gateway berbasis CRM sehingga masyarakat dapat memperoleh informasi dengan cepat dan akurat. Selain itu kelurahan dapat memperoleh informasi dari warga berupa kritik dan saran serta kinerja yang dilekukan perangkat atau staf kelurahan.

Keywords -- SMS, Gateway, CRM, Sistem Infrmasi, dan Pelayanan Masyarakat.

Published
2016-05-02
How to Cite
OKTAVIAN SAPTO NUGROHO1. (2016). SISTEM INFOMASI PELAYANAN MASYARAKAT DI TINGKAT KELURAHAN MENGGUNAKAN SMS GATEWAY BERBASIS CRM. Information Technology and Telematics, 6(1). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/3907
Section
Articles