IMPLEMENTASI RDFA (RESOURCE DESCRIPTION FRAMEWORK IN ATRIBUTES) PADA E-KATALOG GLITZ FASHION SEMARANG

  • 11.01.53.0138 Christian Eddy Hernanta Suseno

Abstract

Glitz Fashion adalah salah satu dari ribuan penjual online di Indonesia yang berlokasi di kota Semarang. Produk yang dijual oleh Glitz Fashion adalah berbagai macam aksesoris wanita dan aksesoris ponsel yang diimpor langsung dari China seperti anting, cincin, kalung, case, plugy, dan masih banyak lagi. Glitz Fashion memiliki website E-catalog sebagai media untuk pemasaran produk-produknya. Hal ini seharusnya meguntungkan bagi Glitz Fashion karena pihak pembeli cukup mengakses internet ke website Glitz Fashion yang menampilkan produknya di internet. Akan tetapi hal tersebut kurang efektif dikarenakan website Glitz Fashion sendiri tidak terdeteksi oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo atau Bing.

Untuk menarik pengunjung yang banyak diperlukan teknik khusus agar website dapat dikenali oleh mesin pencari milik Google, Yahoo atau Bing. Implementasi RDFa (Resource Description Framework in Atributes) adalah salah satu teknik Semantik Web yang menterjemahkan website yang hanya dimengerti oleh manusia menjadi dapat dimengerti oleh mesin pencari. Sehingga website menjadi Search Engine Friendly dan mendapat peringkat tinggi di hasil halaman mesin pencari dan berdampak pada lebih banyaknya pengunjung yang datang ke E-katalog Glitz Fashion sehingga menambah pembeli untuk membeli produk.

Kata kunci : E-Katalog, Search Engine, RDFa, Semantik Web

 

Published
2016-05-02
How to Cite
Christian Eddy Hernanta Suseno1. (2016). IMPLEMENTASI RDFA (RESOURCE DESCRIPTION FRAMEWORK IN ATRIBUTES) PADA E-KATALOG GLITZ FASHION SEMARANG. Information Technology and Telematics, 6(1). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/3896
Section
Articles