MEMBANGUN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) MENGGUNAKAN SMS CENTER BERBASIS SMS GATEWAY MENGGUNAKAN PHP (STUDI KASUS RSI SULTAN AGUNG SEMARANG)

  • RANGGA RISKI BUWANA

Abstract

ABSTRAKSI

Rumah sakit sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat. Hampir semua kegiatan khususnya dalam pelayanan masyarakat menerapkan teknologi informasi untuk mempermudah semua kegiatan. Mutu pelayanan rumahsakit mempunyai dua komponen, yaitu pemenuhan terhadap standar mutu yang telah ditetapkan dan pemenuhan akan kepuasan pelanggan. Rumah sakit harus memberikan pelayanan yang berfokus pada kepuasan pelanggan.

Permasalahan yang akan dikembangkan dalam penelitian ini adalah mengenai keluhan pelayanan pada Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Maka dengan itu dirancanglah sistem pelayanan pelanggan/pasien yang berbasis SMS Gateway. Hal tersebut harus dikelola dengan baik supaya saling terorganisir. Kemudahan dan kelancaran petugas RSI Sultan Agung Semarang menjadi pertimbangan penting bagi pihak management rumah sakit  untuk memenuhi kepuasan pelanggan  maka dibuatlah sistem SMS Center berbasis SMS Gateway menggunakan PHP. Sistem ini bertujuan mempermudah dan memperlancar petugas RSI Sultan Agung Semarang dalam melakukan pengiriman informasi dan menerima keluhan pelanggan/pasien terhadap pelayanan di RSI Sultan Agung Semarang. Hal inilah yang melatar belakangi pemikiran pembangunan system SMS Center berbasis SMS Gateway menggunakan PHP.

Kata Kunci :Rumahsakit, Sms Center , SistemSms Gateway , Kepuasanpelanggan

Published
2016-04-14
How to Cite
BUWANA, R. (2016). MEMBANGUN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) MENGGUNAKAN SMS CENTER BERBASIS SMS GATEWAY MENGGUNAKAN PHP (STUDI KASUS RSI SULTAN AGUNG SEMARANG). Information Technology and Telematics, 6(1). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/3867
Section
Articles