E-OFFICE SURAT MENYURAT GUNA MENDUKUNG ADMINISTRASI DI PEMERINTAHAN

  • kHOIRUL ANNAS .

Abstract

Abstract - Bappeda Kota Semarang  dalam pengelolaan surat masuk dan surat keluar masih menggunakan prosedur – prosedur kerja manual yang cukup memakan banyak waktu dan tenaga. Dengan  cara manual itu masih sering timbul permasalahan – permasalahan yang membuat data sulit untuk dikelola dengan baik. Salah satu permasalahan yang terjadi adalah surat tidak mudah untuk diketahui keberadaannya. Seringkali terjadi ketika ada pihak yang membutuhkan informasi tentang surat yang masuk, petugas kesulitan atau memerlukan waktu yang cukup lama untuk memberikan informasi yang dibutuhkan, misalnya apakah surat tertentu sudah diterima oleh instansi Bappeda Kota Semarang ataukah belum. Kesulitan lain misalnya pada suatu saat ada banyak surat yang masuk sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk mencatat ke dalam buku register dan juga lembar disposisi. Oleh karena itu untuk memudahkan pengelolaan surat masuk dan surat keluar diperlukan suatu sistem komputerisasi yang efektif untuk mendukung pekerjaan petugas pengelola surat.Penelitian ini adalah merancang sebuah sistem pengelolaan surat pada Bappeda Kota Semarang untuk membantu proses mengelola surat masuk dan surat keluar yang saat ini sistem yang digunakan masih manual .

Kata kunci : sistem E-Office, Surat Masuk,   surat keluar

Published
2016-01-26
How to Cite
., kHOIRUL. (2016). E-OFFICE SURAT MENYURAT GUNA MENDUKUNG ADMINISTRASI DI PEMERINTAHAN. Information Technology and Telematics, 5(2). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/3403
Section
Articles