SISTEM INFORMASI GAJI PADA KOKAPURA BANDAR UDARA AHMAD YANI SEMARANG

  • 10.01.55.0047 Dega Rizki Suhariyanto

Abstract

Abstract -

Salary Information System is an information technology for ease of administration. KOKAPURA an employee cooperative whose members are PT (Persero) Angkasa Pura 1 Ahmad Yani International Airport in Semarang, Central Java. The employee cooperative was founded on 15 September 1992 and until today. For a cooperative to carry out operations such as payroll system in need of a good information technology to support and facilitate obtaining information effectively and efficiently.

It is also being experienced by KOKAPURA Space temple 1 that the number of members increased so that the activities often have difficulty in managing employee salaries, leave, absenteeism are still in lakuka into the ledger, format or checklist, so it takes a long time in workmanship. The process of data retrieval is done is quite difficult because they have to look for the data stored in documents or archives, senhingga report should be given to the leader of the bias is very slow. One of the problems faced by Kokapura A. Yani is the absence of data memoroses media web-based salaries in Kokapura A. Yani Semarang.

This research aims to design a media presentation of information on Kokapura Ahmad Yani, especially information Payroll System.

This application uses the system development life cycle methodology that has five stages: design, analysis, design, implementation, and evaluation. This application is created by using the programming language PHP and MYSQL. The advantages of this programming language that can create a website that is dynamic, easy to make, can be run in a different web server, is freeware (free).

Web site Design For Media Information is designed to improve services to Kokapura Ahmad Yani.

The benefits of this system design is to membantupara administrators / staff and especially the members in general. Another benefit is to improve the quality of administrative services

 

Abstrak :

Aplikasi Sistem Informasi Gaji merupakan sebuah teknologi informasi untuk kemudahan dalam kegiatan administrasi.KOKAPURA merupakan koperasi karyawan yang anggotanya adalah PT (Persero) Angkasa Pura 1 Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang Semarang, Jawa tengah.Koperasi karyawan ini berdiri sejak tanggal 15 September 1992 dan sampai saat ini. Bagi sebuah koperasi untuk menjalankan kegiatan operasionalnya  berupa sistem penggajian di perlukan suatu teknologi informasi yang baik guna mendukung dan memudahkan memperoleh informasi secara efektif dan efisien.

 

Hal tersebut di rasakan pula oleh KOKAPURA Angkasa pura 1 yang jumlah anggotanya makin meningkat sehingga dalam melakukan kegiatan sering mengalami kendala  dalam mengelola gaji karyawan, cuti, absensi yang masih di lakuka ke dalam buku besar, format atau daftar isian, sehingga memerlukan waktu yang lama dalam pengerjaannya. Proses pencarian data yang di lakukan pun cukup sulit karena harus mencari data yang di simpan dalam dokumen atau arsip, senhingga laporan yang harus di berikan kepada pimpinan bias sangat lambat. Salah satu masalah yang di hadapi Kokapura A.Yani adalah belum adanya media yang dapat memoroses data gaji karyawan yang berbasis web pada Kokapura A.Yani Semarang.

 

Penelitian ini bertujuan untuk merancang media penyajian informasi pada Kokapura Ahmad Yani, khususnya informasi Sistem Penggajian .

 

Aplikasi ini menggunakan metodologi system development life cycle yang memiliki lima tahap yaitu perancangan, analisis, rancangan, implementasi, dan evaluasi. Aplikasi ini di buat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP & MYSQL. Keunggulan dari bahasa pemrograman ini yaitu dapat membuat website yang bersifat dinamis, mudah dibuat, dapat berjalan dalam web server berbeda, bersifat freeware (gratis).

 

Perancangan situs Web Sebagai Media Informasi di rancang untuk meningkatkan pelayanan pada Kokapura Ahmad Yani Semarang.

 

Manfaat dari perancangan sistem ini adalah untuk membantupara administrator / staff  dan khususnya anggota pada umumnya. Manfaat lainnya adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan administrasi.

Published
2015-05-29
How to Cite
Dega Rizki Suhariyanto1. (2015). SISTEM INFORMASI GAJI PADA KOKAPURA BANDAR UDARA AHMAD YANI SEMARANG. Information Technology and Telematics, 5(1). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/3121
Section
Articles