DESAIN DAN IMPLEMENTASI SOA MENGGUNAKAN PRIVAT CLOUD BERBASIS OPEN SOURCE

  • 06.01.53.0064 JIRJI ZAEDAN

Abstract

Abstrak

Cloud Computing atau yang sering kali di sebut sebagai kornputasi awan kini mulai menjadi trend di ranah dunia IT Indonesia dikarenakan Cloud Computing dinilai menawarkan berbagai kemudahan. Dan dengan munculnya teknologi ini membuat pola dunia kerja menjadi berubah dimana dulu seorang karyawan harus standby di kantor sekarang bisa mengerjakan kerjaanya dimanapun selagi terhubung dengan layanan internet untuk mengakses seryer cloud.

Dengan bersifat loose coupled, sebuah service dapat di-panggil oleh program / service lainnya tanpa program pemanggil tersebut perlu memperhatikan di mana lokasi service yang dipanggil berada dan platform / teknologi apa yang digunakan oleh service tersebut. Loose coupling sangat penting bagi SOA karena dengan dernikian pernanggilan sebuah service oleh service lainnya dapat dilakukan.

 

Kata kunci : Cloud Computing, Topologi, SOA

Published
2014-11-02
How to Cite
JIRJI ZAEDAN0. (2014). DESAIN DAN IMPLEMENTASI SOA MENGGUNAKAN PRIVAT CLOUD BERBASIS OPEN SOURCE. Information Technology and Telematics, 4(2). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/2800
Section
Articles