SISTEM INFORMASI PENJUALAN ACCESSORIS SEPEDA MOTOR BERBASIS WEB PADA TOKO MARCELLIO SEMARANG
Abstract
Abstrak
Toko Marcellio adalah sebuah toko yang bergerak dalam bidang penjualan aksesoris sepeda motor di Semarang. Sejauh ini semua kegiatan di toko dinilai belum maksimal, karena selama ini kegiatan transaksi masih dilakukan secara konvensional yaitu pembeli datang langsung ke Toko Marcellio. Hal ini menimbulkan kendala menyulitkan bagi pelanggan yang tempat tinggalnya berada jauh dari Toko Marcellio. Kendala lain pelanggan sulit mendapatkan informasi mengenai produk apa saja yang ditawarkan Toko Marcellio.
Untuk mengatasi permasalahan diatas, maka penulis melakukan penelitian dan merancang sebuah sistem informasi penjualan aksesoris sepeda motor berbasis web. Sistem baru ini bertujuan untuk mempermudah pelanggan dalam mengetahui produk aksesoris sepeda motor apa saja yang ditawarkan Toko Marcellio dan mempermudah pelanggan dalam melakukan proses pembelian produk aksesoris sepeda motor secara online.
Dalam melakukan analisa dan perancangan sistem baru ini, penulis menggunakan metode pengembangan sistem prototyping. Sedangkan untuk melakukan proses analisa, penulis menggunakan metode analisa abbot. Analisa abbot adalah suatu cara (metode) untuk mengabstraksikan benda (objek) atau biasa disebut analisis sistem berorientasi objek. Terakhir dalam melakukan perancangan sistem berorientasi objek, penulis menggunakan alat bantu perancangan berupa diagram UML yang terdiri dari diagram class, diagram use case dan diagram sequence.
Dari proses analisa dan perancangan diatas akan dihasilkan sebuah sistem informasi penjualan aksesoris sepeda motor baru berbasis web yang dapat membantu Toko Marcellio dalam melakukan proses promosi dan penjualan aksesoris sepeda motor secara efektif dan efisien. Selain itu juga akan membantu dan mempermudah pelanggan dalam melakukan proses pembelian aksesoris sepeda motor secara online.
Kata Kunci : Penjualan, Aksesoris Sepeda Motor, Web