SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT PADA BURUNG KENARI BERBASIS WEB

  • 10.01.55.0020 EDI SETIA NUGROHO

Abstract

Abstrak

Dalam pemeliharaannya, burung kenari apabila tidak dirawat dengan baik dapat mengalami gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan burung tidak aktif dalam berkicau atau bahkan menyebabkan kematian. Sistem pakar ini dibuat untuk membantu masyarakat dalam mendiagnosa gejala-gejala yang dapat mengakibatkan penyakit pada burung kenari.

Tujuan perancangan sistem ini adalah mengenal gejala-gejala yang timbul sebelum mengakibatkan penyakit pada burung kenari sehingga dapat dilakukan pencegahan atau penanganan dini terhadap gejala-gejala penyakit tersebut.

Pembangunan sistem pakar menggunakan metode representasi berbasis aturan (rule base) dan tree dengan metode forward chaining dari data-data penunjang. Pembangunan sistem ini menggunakan bahasa pemrograman HTML dan PHP dengan database MySQL dan web server Apache. Pendiagnosaan penyakit pada burung kenari melalui gejala-gejala yang timbul sebelum mengakibatkan penyakit sehingga dapat dilakukan pencegahan atau penanganan awal terhadap gejala-gejala penyakit yang muncul secara tepat.

 

Kata kunci : sistem pakar, pendiagnosaan, penyakit, PHP, MySQL.

Published
2014-11-02
How to Cite
EDI SETIA NUGROHO1. (2014). SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT PADA BURUNG KENARI BERBASIS WEB. Information Technology and Telematics, 4(2). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/2796
Section
Articles